KEMANDIRIAN KELOMPOK TANI PEMBIBITAN PALA DAN CENGKEH DI NEGERI LILIBOOI KECAMATAN LEIHITU BARAT KABUPATEN MALUKU TENGAH

Risye F Hetharion, Inta P. N Damanik, Maisie T. F Tuhumury

Abstract


Kemandirian kelompok tani merupakan salah satu indikator penting dalam menilai keberhasilan suatu kelompok tani. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemandirian kelompok tani Spirit dan Mutilu di Negeri Lilibooi. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa data primer dan sekunder. Data primer meliputi partisipasi anggota, aturan kelompok, administrasi kelompok, orientasi pasar dan kerjasama kelompok, yang diperoleh melalui hasil wawancara menggunakan kuesioner yang telah disiapkan serta dokumentasi lapangan. Data sekunder yang dikumpulkan berupa jurnal, skripsi, buku dan data dari intansi-instansi terkait masalah penelitian. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang dari total 51 orang (kelompok tani Spirit 19 orang dan Mutilu 32). Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan skala Likert kemudian dijelaskan secara kualitatif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemandirian kelompok tani Spirit yakni tergolong mandiri (4,3) dan kelompok tani Mutilu tergolong cukup mandiri (2,6).


Keywords


Kelompok tani; kemandirian; pembibitan pala dan cengkeh

Full Text:

PDF PDF

References


Aprilyanti, S. 2017. “Pengaruh Usia dan Masa Kerja Terhadap Produktivitas Kerja (Study Kasus PT. OASIS Water Internasional Cabang Palembang)”. Jurnal Sistem dan Manajemen Industri. 1 (2): 68-72.

Damanik, I.P.N., 2016. “Menata Kembali Kelompok Tani di Kota Ambon (Suatu Pemikiran)”. Jurnal Agribisnis Kepulauan. 4 (3): 29-45.

Effendi, M. 2012. “Peranan Kelompok Tani dalam Mengembangkan Kemandirian Petani di Kabupaten Tana Tidung”. Jurnal Ziraa’ah. 35 (3): 204-216.

Huda, N. dan Harijati, S. 2016. “Peran Penyuluh dalam Pemberdayaan Masyarakat Pertanian Perkotaan”. Artikel. Diakses 9 September 2019 dalam http://repository.ut.ac.id/7095/1/UTFMIPA2016-11-nurul.pdf.

Jafri, J., Febriamansyah, R., Syahni, R., Asmawi. 2015. “Interaksi Partisipatif Antara Penyuluh Pertanian dan Kelompok Tani Menuju Kemandirian Petani”. Jurnal Agro Ekonomi. 33 (2): 161-177.

Kamuntuan, N. R., Londa, V. Y., Tampongangoy, D. L. 2017. “Pemberdayaan Kelompok Tani di Desa Tolombukan Kecamatan Pasan Kabupaten Minahasa Tenggara”. Jurnal Adnimistrasi Publik. 3 (046): 1 – 11.

Lestari, M. 2011. “Dinamika Kelompok dan Kemandirian Anggota Kelompok Tani dalam Berusaha Tani di Kecamatan Poncowarno Kabupaten Kebumen Propinsi Jawa Tengah”. Tesis. Program Pasca Sarjana, Universitas Sebelas Maret.

Nasir. 2009. “Pengembangan Dinamika Kelompok Tani”, dalam , diakses 20 april 2017.

Rahayu, T. dan Malia, R. 2018. “Pengaruh Kepemimpinan Ketua Kelompok terhadap Tingkat Kemandirian Anggota Kelompok di Gabungan Petani Organik (Gpo) Nyi-Sri Kecamatan Cianjur Kabupaten Cianjur”. Jurnal Agroscience. 8 (1): 1979-4661.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30598/agrilan.v8i1.951

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Template Jurnal Agrilan :                             

                        

 

Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan index by :

        

Connect with your Academic Account: 

Plagiarism Chek by :

   


Reference Management Tools :

Assosiation With :



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats