AKSESIBILITAS PANGAN RUMAH TANGGA DI DESA MANUWERI KECAMATAN BABAR TIMUR KABUPATEN MALUKU BARAT DAYA

Raihana Kaplale

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aksesibilitas pangan rumahtangga petani di Desa Manuweri.   Data yang dikumpulkan berupa data primer dan data sekunder.   Metode penelitian menggunakan metode survei dan observasi lapangan. Kuesioner dikembangkan sebagai alat bantu dalam wawancara dengan responden yang ditentukan secara acak sederhana (simple random sampling). Besarnya sampel yang dipilih yaitu 30 rumahtangga petani dari 110 rumahtangga sebagai populasi. Selanjutnya, data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan analisis kualitatif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa aksesibilitas pangan rumahtangga diperoleh dengan tiga cara yaitu, akses langsung, akses tidak langsung dan akses sosial dan yang paling banyak dilakukan rumahtangga adalah akses langsung.


Keywords


Aksesibilitas; pangan; rumah tangga petani

Full Text:

PDF

References


Arifin, B. 2004. Analisis Ekonomi Pertanian Indonesia. Jakarta: Penerbit Buku Kompas

Badan Pusat Statistik. 2016. Kabupaten Maluku Barat Daya dalam Angka. Chaniago.2002. Faktor Demografis. .diakses 12 september 2016.

Damanik, I. P. N. 2008. “Strategi rumah tangga dalam memenuhi kebutuhan pangan”. Jurnal Agroforestri 3(2): 80-86.

Kementerian Kesehatan. 2005. Rencana Pembangunan Jangka Panjang Bidang Kesehatan 2005-2025. Jakarta : Kementerian Kesehatan RI.

Tehubijuluw,L., M. Turukay, dan N.F. Wenno., 2014. “Analisis Perminaan Beras di Provinsi Maluku”. Jurnal Agrilan. 2 (1): 78-87

Saliem, H.P., Ariani, M.,Marisa, Y., Purwantini, T. B. 2002. “Analisis kerawanan pangan wilayah dalam perspektif desentralisasi pembangunan”. Laporan Hasil Penelitian. Bogor: Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian (PSEKP).

Samadara, L. 2016. “Kapasitas ibu rumah tangga dalam memenuhi pangan rumahtangga di Kecamatan Amalatu Kabupaten Seram Bagian Barat”. Skripsi. Ambon: Fakultas Pertanian Unpatti.

Sianipar, J. E., Hartono, S., Hutapea, R. T. P. 2012. “Analisis ketahanan pangan rumah tangga tani di Kabupaten Manokwari”. Jurnal Sepa. 8(2): 68-74.

Soemarno. 2010. “Strategi pemenuhan pangan rumah tangga pedesaan”, dalam http://marno.lecture.ub.ac.id/files/2011/12/strategi-pemenuhan-kecukupan- pangan-rumahtangga.pdf diakses 27 Pebruari 2016.

Supriyanto, T. 2014. “Analisis tingkat ketahanan pangan rumah tangga tani Desa Mandiri Pangan di Kecamatan Karanggede Kabupaten Boyolali”. Skripsi. Surakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret.

Suryana, A. 2008. “Menelisik ketahanan pangan, kebijakan pangan, dan swasembada beras”. Jurnal Pengembangan Inovasi Pertanian. 1(1):1-16.

Suryana, A. 2004. “Ketahanan pangan di Indonesia” dalam Widyakarya Pangan Nasional.

Susanto H. 2006. Dinamika penanggulangan kemiskinan, tinjauan historis era orde baru. Jakarta (ID): Khanata, Pustaka LP3ES




DOI: http://dx.doi.org/10.30598/agrilan.v7i2.910

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Template Jurnal Agrilan :                             

                        

 

Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan index by :

        

Connect with your Academic Account: 

Plagiarism Chek by :

   


Reference Management Tools :

Assosiation With :



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats