ANALISA PERMINTAAN SAYURAN HIDROPONIK DI PT. HIDROPONIK AGROFARM BANDUNGAN

Rosa Dewi Savira, Tinjung Mary Prihtanti

Abstract


Sayuran hidroponik merupakan komoditas hortikultura yang mulai banyak diminati dan dikembangkan pada sektor pertanian saat ini. Keistimewaan dari sayuran hidroponik itu sendiri yaitu kualitas yang dihasilkan lebih segar, dan lebih bersih dibandingkan dengan sayuran konvesional. Dari keistimewaan tersebut menimbulkan daya tarik tersendiri bagi konsumen untuk mengubah pola konsumsinya dari sayuran konvesional menjadi sayuran hidroponik, sehingga perkembangan permintaan akan sayuran hidroponik di Indonesia setiap tahunnya cenderung mengalami peningkatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh umur, pendapatan keluarga, jumlah anggota keluarga, lama pendidikan, atribut produk, gaya hidup, jenis sayuran hidroponik serta jenis kelamin hidroponik terhadap permintaan sayuran hidroponik di PT Hidroponik Agrofarm Bandungan. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan April – Mei 2019 di PT Hidroponik Agrofarm Bandungan bagian Kios Granari Fresh Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 60 responden. Teknik analisa yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pendapatan keluarga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap permintaan sayuran hidroponik.


Keywords


Gaya Hidup; permintaan; sayuran Hidroponik

Full Text:

PDF

References


BPS. 2017. "Fokus Khusus: Tren Konsumsi Dan Produksi Buah Dan Sayur". Buletin Pemantauan Ketahanan Pangan Indonesia Vol. 8 .

BPS. 2018. Kebutuhan Hidup Layak Dan Upah Minimum Kabupaten/Kota Menurut Kabupaten Di Jawa Tengah Tahun 2000-2017 (Rupiah).

Budiman, J. A. 2014. "Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Madu Di Kota Blitar". Skripsi. Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya Malang.

Cahyarani, I. 2018. "Pengaruh Gaya Hidup Sehat, Sikap Konsumen, Dan Persepsi Harga Terhadap Niat Pembelian Produk Makanan Organik". Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Haryanto, dkk. 2007. Sawi dan Selada. Edisi Revisi. Jakarta: Penebar Swadaya.

Laitety, M. dkk. 2018. "Pola Konsumsi Pangan Masyarakat Werwawan Kecamatan Lakor Kabupaten Maluku Barat Daya". Jurnal Agribisnis Kepulauan (AGRILAN) , 6(3).

Muntaha, M. 2018. Sayuran Hidroponik Ditopang Permintaan Restoran dan Kafe. Dipetik Februari 01 , 2019, dari https://radarbojonegoro.jawapos.com/read/2018/01/20/41807/sayuran-hidroponik-ditopang-permintaan-restoran-dan-kafe

Nasution, N. 2009. "Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Rumah Tangga Terhadap Sayuran Organik Di Kota Bogor, Jawa Barat". Skripsi. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Siregar, M. 2017. "Respon Pemberian Nutrisi Abmix Pada Sistem Tanam Hidroponik Terhadap Pertumbuhan Dan Produksi Tanaman Sawi (Brassica juncea)". Journal of Animal Science and Agronomy Panca Budi , Vol 2(2):-

Suhardi. 2016. Pengantar Ekonomi Mikro. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.30598/agrilan.v7i2.906

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Template Jurnal Agrilan :                             

                        

 

Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan index by :

        

Connect with your Academic Account: 

Plagiarism Chek by :

   


Reference Management Tools :


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats