ANALISIS PRODUKTIVITAS PETANI SAYURAN DAUN DI DESA PASSO KECAMATAN BAGUALA KOTA AMBON

Jeniffer Hukom, Leunard O Kakisina, Raja M Sari

Abstract


Produktivitas petani dalam menjalankan usahatani dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya dari faktor dalam petani (umur, pendidikan) maupun dari usahataninya (luas lahan, benih, pupuk, pestisida dan produk). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor - faktor yang mempengaruhi produktivitas petani di Desa Passo, Kecamatan Baguala, Kota Ambon. Lokasi penelitian dipilih secara sengaja, di mana merupakan salah satu sentra produksi sayuran di Kota Ambon. Sampel penelitian dipilih secara sengaja yang berjumlah 45 orang dari 120 anggota kelompok tani di Desa Passo. Data dikumpulkan dalam penelitian ini berupa data primer (wawancara) dan data sekunder (literature dan instansi yang terkait masalah penelitian). Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunaka uji regresi linear berganda dan dijelaskan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial faktor – faktor yang mempengaruhi produktivitas petani sayuran di Desa Passo adalah umur, luas lahan dan pestisida.


Keywords


Produktivitas; sayuran daun; usahatani

Full Text:

PDF

References


Aini. 2015. “Analisis jurnal Pendapatan Dan Risiko Usahatani Kubis Pada Lahan Kering Dan Lahan Sawah Tadah Hujan Di Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus”. JIIA. Vol 3 (1):-

Adioetomo dan Samosir. 2010. Dasar dasar Demografi Edisi 2. Jakarta. Salemba Empat.

Ayuwardani, P, R. 2018. “Pengaruh Informasi Keuangan Dan Non Keuangan Terhadap Underpricing Harga Saham Pada Perusahaan Yang Melakukan”. Jurnal Nominal. 7(1). 148 : -.

Palaudi, S. 2015. “Analisis Pendapatan Petani Sayuran di Desa Waiheru Kecamatan Baguala Kota Ambon”. Jurnal Agrilan. Vol.3(1): 89 - .

Mahad Rafika, Kakisina, L.O., dan Johana M. Luhukay., 2017. Tingkat Keberhasilan Petani Sayuran di Negeri Administratif Lemumir Kecamatan Bula Kabupaten Seram Bagian Timur. Jurnal Agrilan 5 (3) : 245 - 261

Maulidah, Soejoto.2015 “Pengaruh tingkat pendidikan, pendapatan dan konsumsi terhadap jumlah penduduk miskin dan provinsi jawa timur”. 3(1):-.

Melsasail, A., Jeter D. Siwalette, dan Paulus M Puttileihalat., 2018. Analisis Potensi dan Strtegi Pengembangan Tanaman Sayuran (Studi Kasus di Negeri Tawiri Kecamatan Teluk Ambon Kota Ambon). Jurnal Agrilan 6 (3) : 315-326 .

Mubyarto. 1989. Pengantar Ekonomi Pertanian. Jakarta: LP3S.

Mufriantie Dan Feriady. 2014. “Analisis Faktor Produksi Dan Efesiensi Alokasi Usahatani Bayam di Kota Bengkulu”. Agrisep. Vol 15 (1): 31-37.

Perdana. 2016. Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas. Jakarta: Rajawali Persada.

Saragih, Jef R., 2016. Strategi Pengembangan Agribisnis Hortikultura di Wilayah Pedesaan. Prosiding Seminar Ilmiah Nasional Dies NatalisUSU 64 : 63-70

Saragih, M., Hasnudi. Wahyono. 2013. “Analisis Pendapatan Petani dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produktivitas Sayur Mayur di Kecamatan Puba Kabupaten Simalungun”. Jurnal Agrica. Vol 6(2):-.

Sugiyono. 2003. Metode Penelitian Bisnis. Edisi 1, Bandung: Alfabeta

Sukananta, I Ketut, Dukat, dan Angie Yuniati., 2015. Hubungan Karateristik dan Motivasi Petani dengan Kinerja Kelompok Tani (Studi Kasus Desa Cisaat Kecamatan Dukupuntang). Jurnal Agrijati 28 (1) : 17 – 34.

Taufik, M., 2012. Strategi Pengembangan Agribisnis Sayuran di Sulawesi Selatan. Jurnal Litbang Pertanian 31 (2) : 43-50.




DOI: http://dx.doi.org/10.30598/agrilan.v7i3.902

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Template Jurnal Agrilan :                             

                        

 

Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan index by :

        

Connect with your Academic Account: 

Plagiarism Chek by :

   


Reference Management Tools :

Assosiation With :



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats