POLA KONSUMSI PANGAN MASYARAKAT WERWAWAN KECAMATAN LAKOR KABUPATEN MALUKU BARAT DAYA

Markus Laitety, Leunard O Kakisina, Maisie T. F. Tuhumury

Abstract


Pangan lokal yang awalnya adalah pangan pokok telah menjadi pangan subtitusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola konsumsi dan faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi  pangan beras dan pangan lokal di Dusun Werwawan, Kecamatan Lakor, Kabupaten Maluku Barat Daya. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 rumah tangga dilokasi penelitian yang dipilih dengan menggunakan teknik acak sederhana. Data yang dikumpulkan dalam penelitian adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui  observasi dan wawancara dengan responden yang menggunakan bantuan kuisioner. Sementara  data sekunder diperoleh melalui referensi (artikel, jurnal, skripsi, tesis) dan data dari instansi yang terkait dengan penelitian ini. Hasil penelitian menunukan bahwa konsumsi pangan masyarakat di Dusun Werwawan didominasi oleh pangan beras yaitu sebesar 154,38 kk/keluarga/bulan dibandingkan dengan pangan lokal yang hanya mecapi 37,45 kg/ keluarga/bulan. Hasil uji regresi seara parsial menunjukan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi pangan beras di Dusun Werwawan yakni jumlah anggota keluarga, harga pangan lokal dan harga beras. Sementara faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi pangan lokal di Dusun Werwawan yakni jumlah anggota keluarga dan harga beras.


Keywords


Beras; pangan; pola konsumsi

Full Text:

PDF

References


Ariani M. 2010. “Analisa Konsumsi Pangan Tingkat Masyarakat Mendukung Pencapaian Diversifikasi Pangan”. Jurnal Analisis Konsumsi Pangan Tingkat Masyarakat Gizi. Indon, 33 (1): 20-28

Chaniago, A. 2002. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. (Cet V). Bandung : Pustaka Setia

Depkes RI. 2013. Riset Kesehatan Dasar Jakarta.Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI.

Khumaidi, M. 1997. “Beras Sebagai Pangan Pokok Utama Bangsa Indonesia, Keunikan dan Tantangannya”. Orasi Ilmiah Guru Besar IlmuGizi. Fakultas Pertanian IPB. Bogor.

Louhenapessy. J. E.Luhukay M. Salampessy H. Riry . J. 2010. Sagu Harapan dan Tantangan. Jakarta : PT Bumi Aksara

Moniharapon. 2013. “Perubahan Pola Konsumsi Pangan Rumah Tangga dari Pangan Lokal Ke Beras Pada Kecamatan Leitimur Selatan Kota Ambon”. Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Pattimura Ambon.

Oktaviani W. 2011. Hubungan Pola Makan dengan Gastritis pada Mahasiswa S1 Keperawatan Program A FIKES UPN Veteran Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30598/agrilan.v6i3.796

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Template Jurnal Agrilan :                             

                        

 

Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan index by :

        

Connect with your Academic Account: 

Plagiarism Chek by :

   


Reference Management Tools :


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats