PENGARUH KUALITAS DAN HARGA PRODUK OLAHAN SAGU TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN: STUDI KASUS DI PUSAT OLEH-OLEH “G” DAN “P10” KOTA AMBON

Desly Simatauw, Weldemina B Parera, Maisie T. F Tuhumury

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tanggapan konsumen terhadap kualitas produk, harga dan loyalitas serta menganalisis pengaruh kualitas produk dan harga terhadap loyalitas konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling dimana sampel diambil secara kebetulan sebanyak 100 orang masing-masing sebanyak 50 responden yang pernah dan sedang membeli produk pada setiap perusahaan. Analisis data tanggapan konsumen terhadap produk sagu menggunakan analisis kualitatif-deskriptif sedangkan analisis faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 44%-58% konsumen setuju bahwa kualitas produk sagu  dapat dipercaya, enak, tekstur tidak kasar, terjamin, tahan lama dan memiliki kemasan yang baik. Selanjutnya 36%-62% konsumen setuju bahwa harga produk sagu terjangkau dan sesuai dengan kualitas. Selain itu, 46%-50% konsumen loyal mengunjungi  dan membeli produk sagu. Faktor penentu loyalitas konsumen adalah kualitas dan harga produk dengan koefisien determinasi masing-masing 63% dan 71% untuk “Perusahaan Pusat Oleh-Oleh G” dan “Perusahaan Pusat Oleh-Oleh P10”.


Keywords


Sagu, harga, kualitas produk, loyalitas konsumen

References


Adriaansz, K. V. 2017. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Untuk Membeli Umbi-umbian di Pasar Mardika Kota Ambon. Skripsi. Ambon: Fakultas Pertanian, Universitas Pattimura.

Anwar, I & Satrio, B. 2015. Pegaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (-) : -.

Dewi, Linda Nita. 2015. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pengguna Produk Advan Di Kota Semarang. http://eprints.dinus.ac.id/17594/1/jurnal_14902.pdf. diakses : 20 September 2017.

Diasari, S. A & Oetomo, H. W. 2016. Pengaruh Harga, Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (-) : - .

Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Ambon. 2017. Data Pusat Oleh-Oleh Kota Ambon.

Liecardo, W. 2017. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan dan Kesetiaan Pelanggan Fashion Cryspyduck Pada Toko Skate Elemen Medan. Skripsi. Medan. Universitas Sumatera Utara.

Matital, G. 2013. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Produk Olahan Sagu (Studi Kasus, Pada Pasar Tradisional di Kota Ambon). Skripsi. Ambon : Universitas Pattimura.

Nurhayati, R. 2011. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen. Skripi. Yogyakarta. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”.

Papilaya, E. C. 2009. Sagu Untuk Pendidikan Anak Negeri. Bogor: IPB PRESS.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi keempat). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Raharjo, A. 2013. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Konsumen Pengguna Kartu “AS”. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 9(1) (2013) :3.

Suwarni & Mayasari. 2011. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Loyalitas melalui Kepuasan Konsumen. Jurnal Ekonomi Bisnis (-):-.

Wijaya, T. 2015. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Penjualan Martabak Atet. Skripsi. Palembang. Universitas IBA.




DOI: http://dx.doi.org/10.30598/agrilan.v5i3.343

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Template Jurnal Agrilan :

 

Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan index by :

        

Connect with your Academic Account: 

Plagiarism Chek by :

   


Reference Management Tools :


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats