MODAL SOSIAL DAN KEMISKINAN DI DESA KILMASA, KECAMATAN KORMOMOLIN, KABUPATEN MALUKU TENGGARA BARAT (STUDI KASUS: KELOMPOK TANI BAWANG MERAH DI DESA KILMASA)

Jeret Sair Sabono, Wardis Girsang, Stephen F W Thenu

Abstract


Kemiskinan hingga saat ini masih merupakan masalah yang belum dapat diselesaikan karena memiliki faktor penyebab yang multidimensi.Salah satu modal yang berperan dalam pengentasan kemiskinan adalah modal sosial.Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui tingkat modal sosial pada kelompok tani bawang merah di Desa Kilmasa, 2) mengetahui tingkat kemiskinan pada kelompok tani bawang merah di Desa Kilmasa, 3) mengetahui hubungan antara modal sosial dan kemiskinan di lokasi penelitian dan 4) mengetahui strategi pengentasan kemiskinan berbasis modal sosial pada kelompok tani bawang merah di Desa Kilmasa. Berdasarkan hasil penelitian dilapangan, modal sosial pada kelompok tani bawang merah di Desa Kilmasa masuk kategori sedang.Tingkat kemiskinan pada kelompok tani bawang merah di Desa Kilmasa berdasarkan konsep subyektif, kriteria Sayogyo, Biro Pusat Statistik dan Bank Dunia masing-masing 0 persen, 73 persen, 70 persen dan 93 persen. Kemiskinan di lokasi penelitian berkaitan dengan kemiskinan pendapatan yang disebabkan oleh luas lahan yang sempit serta pola produksi yang masih bersifat musiman. Strategi pengentasan kemiskinan berbasis modal sosial dilakukan melalui: 1) Pemantapan modal sosial dalam kelompok tani bawang merah, 2) Pembangunan saluran irigasi, 3) Sosialisasi dan pelatihan teknik budidaya bawang merah dan 4) Kerjasama antar petani dengan pemerintah desa, pedagang dan Dinas Pertanian setempat.


Keywords


Modal sosial; kemiskinan, kelompok tani; bawang merah

Full Text:

PDF

References


BKKBN.1998. Buku Pegangan untuk Petugas Lapangan Mengenai Reproduksi Sehat. Jakarta : BKKBN

BPS, 2017. Berita Resmi Badan Pusat Statistik :Profil Kemiskinan di Maluku Tahun 2017. BPS

Gainaugasiray, D. S., Girsang, W., Siwalette, J. D. 2014. Faktor-Faktor Penyebab Kemiskinan dan Strategi Penanggulangannya (Studi Kasus Desa Rutong Kecamatan Leitimur Selatan Kota Ambon). Agrilan, vol 2 (1)

Girsang, W.2007. Laporan Akhir Penyusunan Komoditas Unggulan Per Kecamatan di Kabupaten Maluku Tenggara Barat. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Kabupaten Maluku Tenggara Barat

Girsang, W.2009. StrategiPengentasan Kemiskinan di Pulau Kecil di Maluku. Agrikultura, 20(3): 176-184

Pattinama, M. 2009. Pengentasan Kemiskinan dengan Kearifan Lokal (Studi Kasus di Pulau Buru-Maluku dan Surade-Jawa Barat). Makara, Sosial Humaniaora, 13 (1) : 1-12.

Perdana, R. 2016. Analisis Perbedaan Pendapatan Petani Kakao yang Menerapkan Teknik Fermentasi dan yang Tidak Menerapkan Teknik Fermentasi di Desa Silea Kecamatan Onembute Kabupaten Konawi.Skripsi. Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Halu Oleo Kendari

Soehardjo A. dan Patong, D. 1984.Sendi-Sendi Pokok Ilmu Usahatani. Universitas Hasanuddin, Ujung Pandang.

Sunarsih. 2013.,Swastika, D. S., Iqbal, M.,Ariani, M.,Prasetyo, B., Azis, M. Inventarisasi Modal Sosial Dalam Mendukung Pembangunan Pertanian di Kawasan Perbatasan dan Tertinggal. Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian.

Todaro, P. 1998. Pembangunan Ekonomi Di Dunia Ketiga, Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga, 18-23

Winarni, I. 2011. Keterkaitan Antara Modal Sosial dengan Produktivitas Pada Sentra Bawang Merah di Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung.Tesis. Fakultas Ekonomi, Program Magister Perencanaan dan Kebijakan Publik, Universitas Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.30598/agrilan.v6i1.340

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Template Jurnal Agrilan :                             

                        

 

Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan index by :

        

Connect with your Academic Account: 

Plagiarism Chek by :

   


Reference Management Tools :

Assosiation With :



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats