ANALISIS PEMASARAN BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.) DI DUSUN TAENO NEGERI RUMAH TIGA KECAMATAN TELUK AMBON KOTA AMBON

Delinda Chlara Lekatompessy, Martha Turukay, Weldemina B Parera

Abstract


Pemasaran komoditi bawang merah yang menguntungkan semua pihak sangat penting bagi produsen dan pedagang serta memuaskan bagi konsumen tetapi kajian mengenai saluran market share termasuk efisiensi pemasaran belum banyak dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk saluran pemasaran, besarnya margin pemasaran,bagian harga yang diterima oleh petani dan efisiensi pemasaran komoditi bawang merah. Sampel diambil sebanyak 32 responden  petani dengan menggunakan metode purposive sampling, 5 pedagang pengumpul desa dan 3 pedagang pengecer. Alat analisis yang digunakan adalah menganalisis mengenai margin pemasaran bawang merah dan efisiensi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari tiga model saluran pemasaran ‘saluran satu petani-konsumen’ merupakan pilihan terbaik karena mempunyai nilai total margin tertinggi (Rp.25.900,-) share yang diterima petani tertinggi (100 %) dan efisiensi tertinggi (2,79 %).


Keywords


Bawang merah; efisiensi; margin; saluran pemasaran

Full Text:

PDF

References


Hamid A. K. 1972. Tata Niaga Pertanian. Makassar: Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin.

Kementerian Pertanian Direktorat Jenderal Hortikultura, 2016. “Statistik Produksi Hortikultura 2015”. Jakarta: Direktorat Jenderal Hortikultura, Kementerian Pertanian.

Lawalata, M., Dwidjono, H. D., Slamet Hartono. 2013. Analisis Efisiensi Relatif Dan Perilaku Petani Terhadap Risiko Usahatani Bawang Merah. Yogyakarta : Tesis Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada.

Nurida A, Fauzi T , Elvira I, 2017. “Analisis Pemasaran Bawang Merah di Desa Lam Mayang Kecamatan Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian Unsyiah 2 (1):134-140.

Roesmawaty, H. 2011. “Analisa Efisiensi Pemasaran Pisang di Kecamatan Lengkiti Kabupaten Ogan Komering Ulu”. Jurnal Agribsnis. 3(5) : 1-9.

Sitanggang D. M. N. 2011. “Analisis Tata Niaga Bawang Merah Di Kabupaten Samosir”. Medan.: Skripsi Fakultas Pertanian. Universitas Sumatera Utara.

Syukurianto A S dan Hadayani, 2015. “Analisis Pemasaran Bawang Merah Lembah Palu di Desa Wombo Kalonggo Kecamatan Tanantovea Kabupaten Donggala”. Jurnal Agrotekbis. 3 (5) : 638-643.

Sudiyono, 2004. “Pemasaran Pertanian”. Malang: UMM Press.

Tribun News. 2017. Perkembangan tanaman bawang merah, dalam diakses 14 Agustus 2017.

Wacana A. D. S. 2011. “Analisis Tataniaga Bawang Merah (Kasus Di Kelurahan Brebes, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes)”. Bogor: Skripsi Fakultas Ekonomi Dan Manajemen.




DOI: http://dx.doi.org/10.30598/agrilan.v5i3.325

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Template Jurnal Agrilan :                             

                        

 

Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan index by :

        

Connect with your Academic Account: 

Plagiarism Chek by :

   


Reference Management Tools :


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats