PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PRODUK KENARI : STUDI KASUS PADA “CV. B−A” KOTA AMBON

Melanie Inarya Kesaulya, Margareth Pattiasina, Weldemina B Parera

Abstract


Promosi merupakan salah satu komponen prioritas dari kegiatan pemasaran yang memberitahukan kepada konsumen bahwa perusahaan meluncurkan produk baru yang menggoda konsumen untuk membeli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh biaya promosi terhadap volume penjualan. Metode pengumpulan data terhadap perusahaan “CV. B−A” yang dipilih secara sengaja melalui observasi dan wawancara mendalam, dengan menggunakan kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif (analisis regresi linier berganda) dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diantara tiga variable yang diuji, hanya  biaya promosi penjualan yang memiliki pengaruh signifikan positif terhadap volume penjualan dengan koefisien determinasi 93%. Ini berarti bahwa model dapat digunakan untuk menjelaskan secara agregat bahwa biaya promosi memiliki pengaruh signifikan positif pada volume penjualan .  Implikasi dari penelitian ini yaitu agar produk oleh-oleh khas Ambon berbahan dasar kenari mampu bersaing di pasar nasional maupun internasional.


Keywords


Ambon; pengaruh promosi; penjualan; produk kenari

References


Alma, B. 2012. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : CV. Alfa Beta

Badan Pusat Statistik. 2013. Sensus Pertanian.

Badan Pusat Statistik. 2008. Ketersediaan Perusahaan Industri.

Djarkasih G.S.S., Nuraly EJN, Sumual MF, Lalujan LE. 2011. Analysis of Bioactive Compound in Canarium Nut (Canarium Indicium L). Jakarta.

Freddy. 2013. Manajemen Pemasaran.Yogyakarta: Andi.

Hermawan, A. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta. Erlangga.

Kotler, P. dan Keller, K. L. 2012. Marketing Managent, 14th Edition. United States of America: Person.

Kuslinah, R. 2013. Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Volume Penjualan Pada UD. Sumber Rejeki Kulon Progo. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Mulyadi. 2014. Sistem Akuntansi. Yogyakarta: Salemba Empat.

Rawung, D., Djarkarsih, G.S.S., dan Rampengan, V. 2012. Produksi dan Pengemasan Halua Kenari Lemak Rendah. Universitas Sam Ratulangi. Manado.




DOI: http://dx.doi.org/10.30598/agrilan.v5i3.309

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan index by :

        

Connect with your Academic Account: 

Plagiarism Chek by :

   


Reference Management Tools :


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats