KEADAAN SOSIAL EKONOMI DAN SISTEM PENGELOLAAN TANAMAN PALA DI NEGERI LILIBOOI, KECAMATAN LEIHITU BARAT KABUPATEN MALUKU TENGAH

Moilena Unitly, Felecia P Adam, Noviar F Wenno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keadaan sosial ekonomi dan sistem pengelolaan tanaman pala di desa Lilibooi, Kecamatan Leihitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah. Metode yang digunakan adalah diskriptif kualitatif yakni mendeskripsikan kondisi sosial dan ekonomi tanaman pala usahatani rakyat yang dikelola secara tradisional. Responden dalam penelitian ini adalah sebanyak 30 petani yang ditentukan secara acak dari semua populasi petani pala di Neberi Lilibooi. Data primer diperoleh dari wawancara langsung dengan petani setempat dan data sekunder diperoleh melalui referensi yang tersedia dari lembaga resmi yang relevan dengan penelitian. Data dianalisis dengan menggunakan distribusi skor dan kategori skala penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi sosial ekonomi Negeri Lilibooi telah memadai. Sistem pengelolaan pala di Negeri Lilibooi masih menerapkan sistem budidaya tradisional (bersifat turun-temurun). Kepemilikan lahan yang pada mulanya dikelola secara bersama oleh keluarga secara perlahan mulai beralih kepada kepemilikan individual berdasarkan garis keturunan. Dengan berubahnya struktur agraria seperti ini maka berdampak juga terhadap produksi tanaman pala yang dihasilkan, pemanfaatan untuk wilayah permukiman dan terjadi diversifikasi ragam usatani.  Hasil produksi ini berhubungan langsung dengan pendapatan yang akan diterima oleh petani pala. 


Keywords


Ekonomi; kondisi sosial; tanaman pala

Full Text:

PDF

References


[BPS] Badan Pusat Statistik Kabupaten Maluku Tengah. 2021. Maluku Tengah Dalam Angka. Masohi: Badan Pusat Statistik Kabupaten Maluku Tengah.

[Ditjenbun] Direktorat Jenderal Perkebunan [Ditjenbun] Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian. 2018. Statistik Perkebunan Indonesia (Tree Croop Estate Statistics of Indonesia). https://ditjenbun.pertanian.go.id/?publikasi=buku-publikasi-statistik-2018-2020. Diakses tanggal 20 Januari 2022.

Parera L.R., Borel A. 2022. “Efektivitas Organisasi Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara Sangu Buntok”. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia. p–ISSN: 2541-0849 e-ISSN: 2548-1398. Vol. 7(12): 16186 - 16206.

Revika, S., Siswahyono, dan Erniwati. 2022. “Budidaya Tanaman Pala (Myristica fragrans) oleh Masyarakat Pemegang IUPHKm di Desa Air Lanang Kecamatan Curup Selatan Kabupaten Rejang Lebong”. Journal of Global Forest and Environmental Science. Vol. 2(1): 69-88.

Wattimena, A. Y., Makaruku M. H. 2022. “Karakteristik Budidaya Tanaman Pala (Myristica fragrans houtt) Pola dusung di Kecamatan Leihitu dan Leihitu Barat Kabupaten Maluku Tengah”. Agrinimal Jurnal Ilmu Ternak dan Tanaman. Vol 10(1): 38-44.




DOI: http://dx.doi.org/10.30598/agrilan.v12i1.1974

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Template Jurnal Agrilan :                             

                        

 

Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan index by :

        

Connect with your Academic Account: 

Plagiarism Chek by :

   


Reference Management Tools :

Assosiation With :



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats