ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI BAWANG MERAH (Allium cepa) DI DESA YAFAWUN KECAMATAN KEI KECIL TIMUR KABUPATEN MALUKU TENGGARA

Petronela Wemaf, Jeter D Siwalette, Marfin Lawalata

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kegiatan usahatani dan analisis tingkat pendapatan petani bawang merah di Desa Yafawun Kecamatan Kei Kecil Timur Kabupaten Maluku Tenggara. Lokasi penelitian dilaksanakan di desa Yafawun Kecamatan Kei Kecil Timur Kabupaten Maluku Tenggara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh petani bawang merah yang berjumlah 99 orang dan jumlah sampel ditentukan secara simple random sampling dengan menggunakan rumus slovin sehingga sampel yang didapat sebesar 49 orang petani. Metode pengambilan data diperoleh dari data primer dan data sekunder dan teknik analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif dan untuk analisis pendapatan adalah digunakan analisis pendapatan (I = TR-TC) dan kelayakan usahatani R/C dan B/C rasio. Hasil penelitian menunjukan kegiatan usahatani bawang merah terdiri dari pengolahan tanah, penanaman, pemeliharaan, panen dan pasca panen dan hasil analisis pendapatannya adalah rata-rata sebesar Rp. 13.068.217 dengan rata-rata/ha adalah sebesar Rp.165.410.092 dan untuk kelayakan usahatani nilai R/C rasio adalah 3,08 dan nilai B/C rasio sebesar 2,08 dimana kedua nilai rasionya > 1 sehingga usahatani bawang merah layak diusahakan.


Keywords


Bawang merah; pendapatan petani; usahatani;

Full Text:

PDF

References


Alastia, N. D., Hindarti, S., & Arifin, Z. 2021. “Analisis Efisiensi Teknis Relatif Usahatani Wortel Pendekatan Data Envelopment Analysis (DEA)”. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis. Vol 92(1): 43-47.

Baharuddin, L., & Muhammad, M. 2021. “Analisis Pendapatan dan Tingkat Kesejahteraan Petani Bawang Merah Lokal Topo”. Jurnal Biosainstek. Vol 3(1): 46-52.

Dahlianawati, D., Sofyan, S., & Jakfar, F. (2020). “Analisis Pendapatan Usahatani Bawang Merah (Allium ascalonicum L) Di Kecamatan Banda Baro Kabupaten Aceh Utara”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian. Vol 5(4): 31-44.

Herlita, M., Tety, E., & Khaswarina, S.2016. “Analisis Pendapatan Usahatani Bawang Merah (Allium Ascalonicum) Di Desa Sei. Geringging Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar”. Doctoral dissertation, Riau University.

Lawalata, M. 2017. “Risiko usahatani bawang merah di Kabupaten Bantul”. Jurnal Agrica. Vol 10(2): 56-73.

Muhammad, M., & Ekaria, E. 2019. “Strategi Pengembangan Usaha Bawang Merah Lokal Topo di Kecamatan Tidore Utara Kota Tidore Kepulauan”. Agrikan: Jurnal Agribisnis Perikanan. Vol 12(2): 209-219.

Kuncoro, D. M. 2021. “Analisis pendapatan dan kelayakan usahatani bawang merah di Desa Geger Kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro”. EDUTAMA.

Said, E. Gumbira dan Intan, Harizt. 2001. Manajemen Agribisnis. Jakarta: Ghalia Indonesia. 276 hal.

Suratiyah, K. 2015. Ilmu Usaha tani (edisi revisi). Penebar Swadaya Grup.




DOI: http://dx.doi.org/10.30598/agrilan.v11i3.1883

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Template Jurnal Agrilan :                             

                        

 

Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan index by :

        

Connect with your Academic Account: 

Plagiarism Chek by :

   


Reference Management Tools :

Assosiation With :



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats