ANALISIS STRUKTUR HUBUNGAN DAN PERAN AKTOR DALAM JARINGAN SOSIAL USAHATANI SAYURAN

Fifi H Sitania, August E Pattiselano, Paulus M Puttileihalat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan dan struktur jaringan sosial petani sayur-sayuran. Penelitian ini dilaksanakan di Dusun Keranjang Desa Wayame Kota Ambon. Pendekatan penelitian kuantitatif, sampling jenuh dalam menuntukan sampel sebanyak 20 orang petani. Analisis data menggunakan Rank Spearman untuk melihat hubungan antara variabel. Hasil penelitian menunjukan bahwa struktur jaringan sosial petani sayuran berdasarkan isu masing-masing informasi pada umumnya bersifat open network, dimana ciri hubungan bersifat longgar atau rendah. Actor yang memegang peranan penting dalam jaringan sosial adalah P16 dari perananya sebagai Bdrige atau jembatan penghubung antara penyuluh dengan petani, terkhususnya yang berkaitan dengan informasi Saprodi, sedangkan informasi yang berkaitan dengan pemasaran dan modal usaha didapatkan melalui actor yang berperan sebagai Leason.


Keywords


Jaringan sosial; peran aktor; struktur

Full Text:

PDF

References


Agustin Ruddy. 2018. Jaringan Sosial Dalam Organisasi (1st Ed.). Jakarta: Pt Raja Grafindo.

BPS. 2021. Kenaikan Jumlah Penduduk Miskin. 2021. https://www.bps.go.id/pressrelease/2021/02/15/1851/persentase-penduduk-miskinseptember-2020-naik-menjadi-10-19-persen.html#:~:text=Jumlah penduduk miskin pada September,juta orang terhadap September 2019. Diakses tanggal 3 februari 2023.

Direktorat Jendral Hortikultura Kementerian Pertanian, 2021. Basis Data Ekspor-Impor Komoditi Pertanian.

Puttileihalat, P. M. 2018. “The Role of Actors in Determining Pattern of Communication Network of Eucalyptus Oil Processor Farmers (Case Study in Waisala District, West Seram Regency, MalukuProvince)”. International Journal of Progressive Sciences and Technologies. ISSN-L: 2509-0119.

Rangkuti, A. 2009. “Analisis Peran Jaringan Komunikasi Petani dalam Adopsi Inovasi Traktor Tangan di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat”. Jurnal Agro Ekonomi. Vol. 27 (1) : 45-60.

Rahmawati, P.S. 2016. ”Analisis Pengaruh Customer Perceived Value, Trust, dan Switching Cost Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Waroeng Spesial Sambal Cabang Tembalang Semarang)”. Diponegoro Journal Of Management. Volume 5(3): 1-8

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.30598/agrilan.v11i3.1882

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Template Jurnal Agrilan :                             

                        

 

Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan index by :

        

Connect with your Academic Account: 

Plagiarism Chek by :

   


Reference Management Tools :

Assosiation With :



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats