STRATEGI BERTAHAN PETANI PERDESAAN UNTUK PENCEGAHAN KEBAKARAN LAHAN DI EKOSISTEM PASANG SURUT

Muhammad Yamin, Elysa Putri

Abstract


Masalah yang dihadapi petani pada ekosistem lahan pasang surut, khususnya petani padi yaitu terbatasnya lahan, produktivitas rendah, risiko tinggi, dan ketergantungan terhadap satu jenis komoditas. Hal ini menyebabkan petani terjebak dalam perangkap kemiskinan, memaksa mereka melakukan pembukaan lahan dengan cara membakar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi status rawan kebakaran lahan di rawa pasang surut, menganalisis daya dukung ekosistem rawa pasang surut yang mampu bertahan hidup (survival) bagi petani, dan merumuskan Survival Strategy petani. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Data dianalisis secara kuantitatif dengan perhitungan matematis dan secara kualitatif dengan menggunakan metode PRA dan Analisa SWOT.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa status sangat rawan dan rawan.  Daya dukung lahan adalah CCR >1, yaitu 1,95 di Desa Simpang Tiga Sakti Kabupaten Ogan Komering Ilir dan 2,76 Di Desa Tabuan Asri Kabupaten Banyuasin, artinya daya dukung lahan pertanian masih surplus. Strategi untuk bertahan adalah bantuan bibit, alat pemadaman api (selang, dan pompa air), serta fasilitas land clearing.


Keywords


Pembakaran lahan; petani; rawa pasang surut; strategi bertahan hidup

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. Berita Resmi Statistik. 2007. Tingkat Kemiskinan di Indonesia Tahun 2007. No. 38/07/Th.X, 2 Juli 2007

Baiquni, M. 2007. Strategi Penghidupan Di Masa Krisis. Yoyakarta:Ideas Media

Bowen, M.R., Bompard, J.M., Anderson, I.P., Guizol, P., Gouyon, A. 2001. Anthropogenic fires in Indonesia: a view from Sumatra. Dalam Peter, E., Radojevic, M. (Eds.), Forest fires and regional haze in Southeast Asia. Nova Science Publishers, Huntington, New York, pp. 41–66

Cahyono, Et Al. 2015. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kebakaran Hutan Di Indonesia Dan Implikasi Kebijakannya. Jurnal Silva Lestari. Vol 3 No.1 Januari 2015. www. portalgaruda.org.

Konita dan yususf. 2000. Strategi Bertahan Hidup (Life Survival Strategy) Penduduk Miskin Kelurahan Batu Teritip Kecamatan Sungai Sembilan. portalgaruda.org.

Kumesan, F. 2015. Strategi Bertahan Hidup (Life Survival Strategy) Buruh Tani Di Desa Tombatu Dua Utara Kecamatan Tombatu Utara Journal.Unsrat.Ac.Id.

Panji. 2010. Analisa SWOT dan Penerapannya Dalan Organisasi. http://www.imadiklus.com/2010. diakses 14 November 2012.

Putri, N.E. 2012. “Analisis Keberlanjutan Wilayah Pasang Surut”. Tesis. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Rustiadi Et al. 2011. Perencanaan Dan Pengembangan wilayah. Crespent Press dan yayasan Pustaka Obor Indonesia. Jakarta.

Suharto, E. 2009. Kemiskinan dan Perlindungan Sosial di Indonesia. Bandung: Alfabeta

Setia, R. 2005. Gali Tutup Lubang Itu Biasa Strategi Buruh Menganggulangi Persoalan Dari Waktu Ke Waktu. Bandung: Yayasan Akatiga

Tarigan, Nugroho, et al. 2015. “Laporan dan Modul Teknis Pemutakhiran Peta Rawan Kebakaran Hutan dan Lahan di Provinsi Sumatera Selatan”. Giz. Bioclime Project, Sumatera Selatan. www. Bioclime.org.




DOI: http://dx.doi.org/10.30598/agrilan.v11i2.1877

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Template Jurnal Agrilan :                             

                        

 

Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan index by :

        

Connect with your Academic Account: 

Plagiarism Chek by :

   


Reference Management Tools :

Assosiation With :



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats