PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PRODUK SAYURAN ORGANIK

Fachrur Annurdiansyah, Martha Turukay, Tienni M Simanjorang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi konsumen terhadap keputusan pembelian produk sayuran organik hasil produksi Balai Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (BPPMDDTT) Ambon di Supermarket FRiS Kota Ambon. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan alat analisis menggunakan skala likert. Metode pengambilan sampel yaitu teknik purposive sampling. Responden berjumlah 100 orang diambil dengan cara perhitungan Rumus Roscoe. Hasil penelitian menunjukkan preferensi konsumen terhadap harga, kualitas produk, kepercayaan, kemasan berada pada tingkat sangat baik.


Keywords


Preferensi konsumen; sayuran organik

Full Text:

PDF

References


Alamsyah, Doni Purnama. 2016. “Kepercayaan Konsumen Pada Produk Organik”. Jurnal Ecodemica. Vol IV (2): 146 – 155.

Andrilia, Yofana Rizki. 2022. “Pengaruh Harga dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sayuran Organik Melalui Aplikasi WhatsApp di PT Agro Organik Indonesia Kota Tangerang Selatan”. Skripsi. Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Annunziata, A., Mariani, A., & Vecchio, R. 2019. “Consumers' preferences and willingness to pay for packaging of organic food products in Italy”. Journal of Cleaner Production. Vol 2(21): 851-859.

Astuti, R., Ardila, I., Lubis, R.R. 2021. “Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Converse”. Jurnal Akmami. Vol 2(2): 204-219.

Astuti, Erna Puji., Masyhuri., Mulyo, Jangkung Handoyo. 2019. “Analisis Sikap Konsumen Terhadap Sayuran Organik”. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis. Vol 3(1): 183-194.

Atikah, Nurul. Ariani, Nani. Nastiti, Heni. 2020. “Analisis Preferensi konsumen produk teh celup”. Jurnal Prosiding BEMA. Vol 1 : 236-251

Cintammy, Jennyvia dan Frangky Slamet. 2021. “Pengaruh Atribut, Kepercayaan Konsumen, Dan Nilai Yang Dipersepsikan Terhadap Intensi Pembelian. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan”. Vol 3(1): 146-155.

Eldapit. 2022. “Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Sayuran Organik Pada Pasar Minggu Bina Baru Kampar Kiri Tengah Riau”. Thesis. Universitas Islam Riau.

Fauzi, M. I., & Yuliawati. 2020. “Perilaku Konsumen dalam Membeli Sayuran Organik PO Sayur Organik Merbabu”. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis (JEPA). Vol 4(4): 752–762.

Hardiyanti, Febby., Fadila Marga Saty, Bina Unteawaty. 2022. “Analisis Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Sayuran Organik Di Lampung”. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (JEPA). Vol 6 (1): 209-217.

Hermanto, Nur Islamidina. 2020. “Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sayuran Organik Unggulan (Kangkung, Caisin dan Bayam)”. Thesis. Universitas Muhammadiyah Malang.

Indrasari, M. 2019. PEMASARAN DAN KEPUASAN PELANGGAN: pemasaran dan kepuasan pelanggan. Surabaya : Unitomo Press.

Kim, H. J., Park, J. Y., Lee, H. J., & Kim, M. K. 2018. “Consumers' perceptions and preferences for organic food packages: A case study of lettuce packaging in Korea”. Sustainability. Vol 10(5): 1395.

Marpaung, F.K, Simartama, Sofira, Aloyna. 2021. “Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Indomie Pada PT. Alamjaya Wirasentosa Kabanjahe”. Jurnal Manajemen. Vol 7 (1): 49-64.

Munandar J, Faqih U, dan Meivita A. 2015. “Analisis Faktor yang Mempengaruhi Preferensi Konsumen Produk Air Minum dalam Kemasan di Bogor”. Jurnal Teknologi Industri Pertanian. Vol 13(3) : 97-10.

Muzdalifah. 2012. “Kajian Preferensi Konsumen terhadap Buah – Buahan Lokal di Kota Banjarbaru”. Jurnal Agrobisnis Pedesaan. Vol 2(4) : 297 – 309.

Rahardjo, S.T. 2019. Desain Grafis Kemasan UMKM. Yogyakarta : Deepublish

Saraswati, Voni Lariska. 2018. “Analisis Preferensi Konsumen Produk Organik (Studi Kasus di Giant Express Pulosari, Malang)”. Skripsi. Malang: Universitas Brawijaya.

Sawlani, D.K., 2021. Keputusan Pembelian Online: Kualitas Website, Keamanan Dan Kepercayaan. Surabaya : Scopindo Media Pustaka.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. penerbit Alfabeta, Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.30598/agrilan.v11i3.1822

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Template Jurnal Agrilan :                             

                        

 

Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan index by :

        

Connect with your Academic Account: 

Plagiarism Chek by :

   


Reference Management Tools :

Assosiation With :



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats