STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KOPI BUBUK DI UD. TRIYASA BARATA SURABAYA JAWA TIMUR

Aji Praviandana, Endang Yektiningsih, Sri Tjondro Winarno

Abstract


UD. Triyasa Barata mengalami permasalahan pada penghasilan yang mengalami penurunan, salah satu faktor yang menjadi penyebabnya adalah dampak pandemic covid-19. Tujuan riset ini untuk memformulasikan alternatif strategi pemasaran cascara di UD. Triyasa Barata yang unggul dan tepat. Lokasi riset ditentukan dengan sengaja UD. Triyasa Barata Surabaya. Metode riset menggunakan analisis matriks IFE, matriks EFE, dan analisis SWOT. Hasil riset memperlihatkan analisis data pada analisis matriks IFE didapatkan skor untuk faktor kekuatan sebesar 2,175 dan skor untuk faktor kelemahan sebesar 0,275. Sedangkan pada analisis matriks EFE didapatkan skor untuk faktor peluang sebesar 1,962 dan skor untuk faktor ancaman sebesar 1,325. Hasil analisis matriks SWOT menempatkan UD Triyasa Barata Surabaya berada pada kuadran I dan strategi yang harus diterapkan adalah melakukan pengembangan produk baik dengan membuat varian produk baru; harga jual sesuai dengan kualitas produk agar dapat bersaing; bekerjasama dengan lembaga perbankan untuk menjadi mitra bina usaha; mulai menambah jalur distribusi online yaitu promosi melalui media sosial dan endorse; dan memanfaatkan daerah Surabaya dan sekitarnya untuk mengenalkan produk.


Keywords


Kopi; strategi pemasaran; SWOT

Full Text:

PDF

References


As’ad, Mochamad Hafezd, and Murti Mulyo Aji Joni. 2020. “Faktor Yang Mempengaruhi Preferensi Konsumen Kedai Kopi Modern Di Bondowoso”. JSEP (Journal of Social and Agricultural Economics). Vol 13 (2): 182–99.

Astuti, Anissa Mayang Indri, and Ratnawati Shinta. 2020. “Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus Di Kantor Pos Kota Magelang 56100)”. Jurnal Ilmu Manajemen. Vol 17 (2): 58–70.

Bappenas RI. (2020). Laporan Perkembangan Ekonomi Indonesia Dan Dunia TW II 2020. Jakarta: Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS).

Direktorat, Jenderal Perkebunan. 2014. Statistik Perkebunan Indonesia: Kopi 2013-2015. Jakarta : Kementerian Pertanian.

Dosinaen, Yohanes Prince R.P., and Sastika Widya. (2019). Usulan Strategi Pemasraan Pada PT Gunung Amal Solution International Dengan Menggunakan Analisis SWOT Matriks IFAS EFAS Tahun 2019. E-Proceeding of Applied Science. Vol 5 (22): 909–18.

Kementerian Pertanian. 2013. Laporan Data Kinerja Kementerian Pertanian Tahun 2004-2012. Jakarta : Kementerian Pertanian.

Kusumawati, D. (2005). “Analisis Nilai Tambah Pengolahan Kopi Asalan Menjadi Kopi Bubuk Di Desa Sipatuhu Kecamatan Banding Agung Kabupaten OKU Selatan”. Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya.

Mukhsin, Raudhah, Mappigau Palmarudi, and Nixia Tenriawaru Andi. 2017. “Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Daya Tahan Hidup Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Pengolahan Hasil Perikanan Di Kota Makassar”. Jurnal Analisis. Vol 6 (2): 188–93.

Nazif, Ananda. (2021). Sektor Pertanian Indonesia Di Mata Dunia.Diakses pada 3 Maret 2022. https://www.researchgate.net/publication/357046105.

Rangkuti, Freddy. (2018). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis Cara Perhitungan Bobot, Rating, Dan OCAI. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.30598/agrilan.v10i3.1534

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Template Jurnal Agrilan :                             

                        

 

Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan index by :

        

Connect with your Academic Account: 

Plagiarism Chek by :

   


Reference Management Tools :

Assosiation With :



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats