ANALISIS KOMPARATIF PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH PADA MUSIM TANAM II DAN MUSIM TANAM III DI DESA PAKKABBA KECAMATAN GALESONG UTARA KABUPATEN TAKALAR

Jihan Fahira, Mohammad Natsir, Ardi Rumallang

Abstract


Desa Pakkabba merupakan salah satu daerah penghasil produksi padi di Kabupaten Takalar. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui  tingkat pendapatan usahatani padi sawah pada musim tanam 2 dan musim tanam 3 di Desa Pakkabba Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar, (2) Untuk mengetahui perbedaan produksi modal usahatani padi sawah pada musim tanam 2 dan musim tanam 3 di Desa Pakkabba Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis pendapatan dan analisis uji t. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Pakkabba Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar. Populasi dalam penelitian adalah petani padi di Desa Pakkabba sebanyak 30 orang. Dari jumlah populasi tersebut dilakukan pengambilan sampel dengan menggunakan metode random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tingkat pendapatan usahatani petani padi sawah pada musim tanam 2 sebesar Rp.15.305.498/ha sedangkan pendapatan pada musim tanam 3 yaitu sebesar Rp.17.155.724/ha. (2) produktivitas modal padi sawah pada musim tanam 2 yaitu sebesar Rp.8.392/kg, sedangkan produktivitas modal padi sawah pada musim tanam 3 yaitu sebesar Rp. 7.396/kg. Hal ini membuktikan bahwa produktivitas modal usahatani padi sawah pada musim tanam 2 dan musim tanam 3 setelah diuji t keduanya tidak beda nyata, meskipun dari hasil produktivitas modal petani padi sawah pada musim tanam 2 produktivitas modal lebih banyak dibandingkan pada musim tanam 3.


Keywords


Musim tanam; pendapatan; usahatani padi

Full Text:

PDF

References


Azan Harnin. 2018. “Analisis komparatif usahatani bawang merah antara musim tanam 1 dan musim 2 di Desa Dulung Kecamatan Malua Kabupaten Enrekang”. Disertasi. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Bayu Oktavianto dan Henny Rosmawati. 2017. “Analisis Komparstif Usahatani Padi Ladang dan Jagung di Desa Tanjung Sari Kecamatan Blambang Umpu Kabupaten Way Kanan”. JASEP. Vol 3(2): 24 - 32.

Miranda Rosiva, T. Fauzi, Akhmad Baihaqi. 2019. Analisis Perbandingan Produktivitas dan Pendapatan Petani Pasi Sawah Sistem Konvensional dengan Sistem Jajar Legowo di Gampong Rhing Blang Kecamatan Meureudu Kabupaten Pidie Jaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian Unsyiah. Vol 4 (4): 161 - 170.

Soekartawi. 1986. Ilmu Usahatani, Dan Penelitian Untuk Pengembangan Petani Kecil. Universitas Indonesia, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30598/agrilan.v11i2.1532

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Template Jurnal Agrilan :                             

                        

 

Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan index by :

        

Connect with your Academic Account: 

Plagiarism Chek by :

   


Reference Management Tools :

Assosiation With :



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats