FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KINERJA PEMASARAN PADA USAHA MIKRO PANGAN OLAHAN DI KELURAHAN SEMOLOWARU KOTA SURABAYA

Rendikasari Febriana Putri, Indra Tjahaja Amir, Sri Widayanti, Ika Sari Tondang

Abstract


Usaha mikro setiap tahunnya mengalami perkembangan yang semakin meningkat, persaingan bisnis pun tidak bisa dihindari. Usaha mikro pangan olahan menghadapai berbagai persoalan seperti semakin ketatnya persaingan pasar dan juga kurangnya pemahaman tentang pemasaran bisnis. Meningkatnya jumlah usaha mikro saat ini menyebabkan keberlangsungan usaha menghadapi persaingan yang semakin ketat, hal tersebut secara tidak langsung akan mempengaruhi kinerja pemasaran pada usaha mikro. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kinerja pemasaran pada usaha mikro pangan olahan di Kelurahan Semolowaru Kota Surabaya. Sampel ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran digital dan orientasi pasar berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran. Sedangkan inovasi produk tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran. Usaha mikro pangan olahan di Kelurahan Semolowaru Kota Surabaya perlu meningkatkan penerapan inovasi produk agar lebih maksimal dalam mengembangkan usahanya sehingga kinerja pemasaran akan optimal.  


Keywords


Inovasi produk; kinerja pemasaran; orientasi pasar; pemasaran digital

Full Text:

PDF

References


Anjaningrum, W. D. 2020. "Efektivitas Digital Marketing dan Networks dalam Mendongkrak Kinerja Pemasaran UKM di Masa Pandemi Covid-19". SENABISMA: Seminar Nasional Administrasi Bisnis dan Manajemen. Vol 6(7): 50–61.

Arief, A., SE, & Ambarwati, D. 2019. "Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran Umkm Eks Lokalisasi Dolly". Jurnal Studi Bisnis dan Administrasi. Vol 2(2): 1–9.

Arif, A. L., & Widodo. 2011. "Model Peningkatan Kinerja Pemasaran dalam Konteks Adaptabilitas Lingkungan". Analisis Manajemen. Vol 5(1): 30–44.

Arumsari, N. R., & Marka, M. M. 2018. "Strategy Competitive Advantages through Marketing Performance". Kinerja Journal of Business and Economics. Vol 22(2): 168–185.

Aulia, R., Astuti, M., & Ridwan, H. 2019. "Meningkatkan Kinerja Pemasaran melalui Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan". Jurnal IImiah Manajemen dan Bisnis jurnal IImiah Manajemen Dan Bisnis. Vol 20(1): 27–38.

Dhewanto, W., Mulyaningsih, H. D., Permatasari, A., Anggadwita, G., & Ameka, I. 2014. Manajemen Inovasi Peluang Sukses Menghadapi Perubahan. Penerbit Andi.

Hasbiadi, Puryantoro, Mpia, L., & Bulawan, J. A. 2021. "Analisis Kinerja Pemasaran pada Industri Olahan Makanan di Kabupaten Kolaka". Jurnal Ekonomi Integra. Vol 3(2): 176–184.

Hatta, I. H. 2015. "Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, Kapabilitas Pemasaran dan Kinerja Pemasaran". Jurnal Aplikasi Manajemen (JAM). Vol 13(4): 654–660.

Hidayah, N. 2011. "Kesiapan Psikologis Masyarakat Pedesaan dan Perkotaan Menghadapi Diversifikasi Pangan Pokok". Humanitas: Indonesian Psychological Journal. Vol 8(1): 88.

Kimathi, D. K., Mukulu, E., & Odhiambo, R. 2019. "Effect of Digital Marketing on the Performance of MSMES in Kenya". Journal of Marketing & Communication. Vol 2(1): 1–23.

Manahera, M. M., Moniharapon, S., & Tawas, H. N. 2018. "Analisis Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan terhadap Inovasi Produk dan Kinerja Pemasaran (Studi Kasus Umkm Nasi Kuning di Manado)". Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi. Vol 6(4): 3603–3612.

Nurjaya, N., Affandi, A., Erlangga, H., Sunarsi, D., & Jasmani, J. 2021. "The Effect of Product Promotion and Innovation Activities on Marketing Performance in Middle Small Micro Enterprises in Cianjur". Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences. Vol 4(1), 528–540.

Nuseir, M. T., & Aljumah, A. 2020. "The role of digital marketing in business performance with the moderating effect of environment factors among SMEs of UAE". International Journal of Innovation, Creativity and Change. Vol 3: 310–324.

Putri, K. A. S., Warastri, R. M. G., Damayanti, B. P., & Febrianita, R. 2021. "Penerapan Strategi Branding Melalui Platform Digital untuk Menunjang Penjualan Produk Umkm pada Masa Pandemi". Vol X(X): 1–10.

Salim, M., Saputra, F. E., Hayu, R. S., & Febliansa, M. R. 2020. "Marketing Performance of Bread and Cake Small and Medium Business with Competitive Advantage as Moderating Variable". Management Science Letters.

Suendro, G. 2010. "Analisis Pengaruh Inovasi Produk Melalui Kinerja Pemasaran untuk Mencapai Keunggulan Bersaing Berkelanjutan (Studi Kasus pada Industri Kecil dan Menengah Batik Pekalongan)". Jurnal Sains Pemasaran Indonesia. Vol 10(3), 317–326.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulaeman, M. 2018. "Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar dan Inovasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran (Studi pada Industri Tahu di Sentra Industri Tahu Kota Banjar)". Jurnal Ilmiah




DOI: http://dx.doi.org/10.30598/agrilan.v10i2.1522

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Template Jurnal Agrilan :                             

                        

 

Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan index by :

        

Connect with your Academic Account: 

Plagiarism Chek by :

   


Reference Management Tools :

Assosiation With :



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats