EFISIENSI PEMASARAN RUMPUT LAUT (Eucheuma cottoni) DI DESA WULLA KECAMATAN WULLA WAIJELU KABUPATEN SUMBA TIMUR

Apliani Mbangi, Elfis Umbu Katongu Retang, Elsa Christin Saragih

Abstract


Rumput laut merupakan salah satu komoditas unggulan dalam sektor perikanan. Distribusi komoditas rumput laut antara produsen dan konsumen tidak bisa dilakukan secara langsung dikarenakan terpencarnya lokasi produsen dan konsumen, maka dibutuhkan lembaga pemasaran untuk menghubungkan petani rumput laut dan konsumen akhir. Oleh karena itu, perlu diketahui sistem pemasaran yang digunakan dilihat dari saluran, margin, dan efisiensi pemasaran. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui saluran, margin, dan efisiensi pemasaran. Penelitian ini dilakukan di Desa Wulla Kecamatan Wulla Waijelu Kabupaten Sumba Timur. Pemilihan lokasi dipilih secara sengaja dengan pertimbangan bahwa DesaWulla merupakan salah satu sentra komoditas rumput laut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode analisis secara deskriptif dan analisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 pola saluran pemasaran di Desa Wulla yaitu: petani-pedagang pengumpul-pedagang besar-pabrik Surabaya, petani-pedagang pengumpul-pabrik (PT Astil), dan petani-pabrik (PT Astil). Adapun nilai margin dan efisiensi pemasaran dari setiap lembaga pemasaran yaitu: saluran pemasaran I nilai margin pemasaran Rp. 3000/kg dengan efisiensi pemasaran 4,78%, saluran pemasaran II nilai margin pemasaran Rp.2000/kg dengan efisiensi pemasaran 2,85% dan saluran III nilai margin pemasaran 0 dengan efisiensi pemasaran 1,66%. Dari perhitungan nilai efisiensi pemasaran saluran pemasaran III merupakan saluran paling efisien dengan nilai margin 0 dan nilai efisiensi 1,66%.


Keywords


Efisiensi pemasaran; margin pemasaran; rumput laut; saluran pemasaran

Full Text:

PDF

References


Ahmadi dan Ubhiyati, 2007. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Badan Pusat Statistik. 2018. Kelompok Umur Produktif. Jakarta: Badan Pusat Statistik Indonesia.

Bhakti, F. K., Made, S., & Fachry, M. E. 2016. Kondisi Pemasaran Rumput Laut Gracilaria sp. Melalui Pendekatan SCP di Kabupaten Luwu. Jurnal Rumput Laut Indonesia, 1(1).

Daniel, Moehar. 2004. Pengantar Ekonomi Pertanian. Cetakan Pertama. Jakarta. Bumi Aksara.

Hanafie, R. 2010. Pengantar ekonomi pertanian. Penerbit Andi.

Harifuddin, Aisyah, Budiman. 2011. “Analisis Margin dan Efisiensi Rumput Laut di Desa Mandalle”. Jurnal Agribisnis 10(3): 38-48

Kasim, N. A. 2015. “Produksi, Pendapatan Usahatani Dan Pemasaran Rumput Laut Di Provinsi Sulawesi Selatan. Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada.

Kotler dan Keller. 2014). Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Petrus R.K. Dasion, Eri Y. Arvianti, dan Ana A. Sa’diyah. 2014. “Analisis Pemasaran Rumput laut (Eucheumma SP) di Desa Wuakerong Kecamatan Nagawutung Kabupaten Lembata”. Jurnal Unitri. 14(1): 1-10.

Puspita I. R, Wardhani R. 2013. “Analisa Efisiensi Pemasaran Komoditi Cabai (Capsicum Annum L) Pada Beberapa Pemasaran di Kota Madiun”. Agritek. 14(1): 72-86

Putra, D. O. S., Thenu, S. F. W., Tuhumury, M. T. F. 2020. “Sistem Pemasaran Kerbau Di Pulau Moa Kabupaten Maluku Barat Daya”. Jurnal Agribisnis Kepulauan. 8(3) 279-293.

Saprianti, Laop A, Howara D. 2016. “Analisis Pemasaran Rumput Laut di Desa Lolambi Kecamatan Banawa Selatan Kabupaten Donggala Sulawesi Tengah”. Jurnal Agrotekbis. 4(6): 754-757.

Salampessy, Y. E., Timisela, N. R., Yolanda. 2019. “Saluran Pemasaran Cabai Rawit Dan Bawang Merah di Kota Ambon”. Jurnal Agribisnis Kepulauan. 7(3): 255-264.

Soejarwo, P.A. 2016. “Penerapan Rapfish Dalam Penilain Keberlanjutan Budi Daya Rumput Laut di Kawasan Pesisir Pulau Panjang Serang, Banten”. Tesis. Institute Teknologi Bandung.

Soekartawi. 2002. Prinsip Dasar Manajemen Pemasaran Hasil-Hasil Pertanian Teori Dan Aplikasinya. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada. 134 Hal.

Soekartawi. 2013. Agribisnis. Teori dan Aplikasinya. Jakarta. Rajkawali Press

Sudiyono. 2002. Pemasaran Pertanian. Universitas Muhammdiyah Malang. Malang. UMM Press

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30598/agrilan.v10i1.1483

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Template Jurnal Agrilan :                             

                        

 

Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan index by :

        

Connect with your Academic Account: 

Plagiarism Chek by :

   


Reference Management Tools :

Assosiation With :



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats