ANALISIS AKSESIBILITAS DAN POLA KONSUMSI PANGAN BERAS DI NEGERI ALLANG KECAMATAN LEIHITU BARAT KABUPATEN MALUKU TENGAH PROVINSI MALUKU

Krisna F Lermating, Stephen F W Thenu, Junianita F Sopamena

Abstract


Perubahan kebiasaan yang dipaksakan dari makanan pokok non-beras ke beras menyebabkan ketergantungan terhadap pangan beras yang tidak didukung oleh kemampuan daerah dalam menyediakan produksi pangannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pola konsumsi pangan beras. Sampel yang diambil adalah 80 sampel. Metode analisis data menggunakan analisis Structural Equation Models (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola konsumsi pangan di Negeri Allang lebih mengarah pada konsumsi beras. Berdasarkan hasil uji Structural Equation Models (SEM) terlihat bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi pangan beras di Negeri Allang semuanya memiliki nilai loading factor lebih besar dari 0,60 sehingga memenuhi convergent validity untuk digunakan.


Keywords


Model persamaan struktural; beras; pola konsumsi pangan.

Full Text:

PDF

References


Akbar I, 2019. “Teknik Analisis Validitas Konstruk dan Reliabilitas instrument Test dan Non Test Dengan Software LISREL”. Teknik informatika, STMIK AKBA, Sulawesi selatan, Indonesia.

Rahmi, FD 2019. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumsi Beras Rumah Tangga Di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember”. Skipsi. Universitas Jember.

Ghozali & Fuad. 2008. Structural Equation Modeling. Semarang: Universitas Diponegoro

Ghozali, I. 2001. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Edisi Kedua. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, Black, Babin, dan Anderson, 2006. “Dalam Sainmatika” Jurnal Ilmiah Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol 15(2): 100-113.

Priyatno, 2012. Cara Kilat Belajar Analisis Data dengan SPSS 20. Yogyakarta: Andi Offset.

Pusat Kebijakan Perdagangan Dalam Negeri, 2013. Jakarta Indonesia.

Prastuti, Dwi. 2011. “Penggunaan Penggunaan Structural Equation Modeling (SEM) sebagai Salah Satu Teknik Analisis Statistik dengan Menggunakan Program Tetrad Iv”. Tesis. Universitas Negeri Semarang.

Shah & Goldstein, 2006. “Use of Structural Equation Modeling in Operations Management Research: Looking Back and Forward”. Journal of Operations Management. Vol 24(2): 148-169://doi.org/10.1016/j.jom.2005.05.001

Sugiarto & Sitinjak. 2006. LISREL. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Winahyuningsih, P. 2013. “Analisis Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal pada Perusahaan Manufaktur yang Go Public di Bursa Efek Indonesia”. ISSN:1979 – 6889.




DOI: http://dx.doi.org/10.30598/agrilan.v10i2.1390

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Template Jurnal Agrilan :                             

                        

 

Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan index by :

        

Connect with your Academic Account: 

Plagiarism Chek by :

   


Reference Management Tools :

Assosiation With :



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats