STRATEGI PEMASARAN PRODUK MAKANAN YANG BERBASIS ULAT JATI, BELALANG, DAN SARANG LEBAH (EDIBLE INSECTS)

Moch Qitfirul Azis, Syarif Imam Hidayat, Indra Tjahaja Amir

Abstract


 

Ketahanan pangan pada tingkat nasional menjadi sebuah faktor penting dalam menjamin masyarakat memperoleh pangan yang cukup, mutu yang layak dan aman. Tantangan ke depan yakni memenuhi kebutuhan pangan dengan sumber yang mudah didapat, terjangkau, dan memiliki kandungan gizi tinggi. Hal ini dapat diperoleh dari sumber pangan alternatif, yaitu ulat jati, belalang dan sarang lebah.  Penelitian ini bertujuan mengetahui persepsi masyarakat terhadap produk makanan yang berbasis ulat jati, belalang dan sarang lebah serta merumuskan strategi pemasaran yang tepat dalam upaya penetrasi pasar untuk meningkatkan volume penjualan. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Tuban dan Mojokerto. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui pengisian kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat kurang mengetahui akan produk pangan berbasis ulat jati, belalang dan sarang lebah juga dengan kandungan gizinya. Sedangkan persepsi untuk mengkonsumsi produk pangan tersebut cukup tinggi yaitu sebesar 75%.   Strategi pemasaran yang tepat pada produk makanan tersebut yaitu personal selling yang menjadi upaya produk makanan lokal untuk memberikan produk berkualitas kepada masyarakat dalam memenuhi kebutuhan gizinya. Selain itu, upaya penetrasi pasar dilakukan oleh produsen melalui inovasi produk dan menjadi salah satu alternatif oleh-oleh khas daerah Mojokerto dan Tuban


Keywords


Penetrasi pasar; persepsi masyarakat; personal selling; strategi pemasaran.

Full Text:

PDF

References


Dash, S., Pradhan, R. P., Maradana, R. P., Gaurav, K., Zaki, D. B., & Jayakumar, M. (2018). “Insurance Market Penetration And Economic Growth In Eurozone Countries: Time Series Evidence On Causality”. Future Business Journal. Vol 4(1), 50–67. https://doi.org/10.1016/j.fbj.2017.11.005

Fahmi, M., Barhaqi, A. dan, & Kadir, I. A. (2013). “Analisis Strategi Pemasaran Kopi Arabika ‘Bergendaal Koffie’ di Kabupaten Bener Meriah”. Jurnal Agrisep Unsyiah. Vol 14(1), 28–35.

Fajar, K. Al. (2016). “7 Manfaat Sarang Madu (Honeycomb) Bagi Kesehatan”. https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-honeycomb-madu/?amp=1

Fatmawati, L. (2018). “Walang Goreng Fatmawati, Camilan Kaya Protein Khas Mojokerto”. www.Beritabaik.Id.https://www.beritabaik.id/read?editorialSlug=kuliner&slug=1550904342500-walang-goreng-fatmawati-camilan-kaya-protein-khas-mojokerto.

Harini, C. dan, & Yulianeu. (2018). “Strategi Penetrasi Pasar UMKM Kota Semarang Menghadapi Era Pasar Global MEA Ekonomi Global”. Vol 21(2), 361–381.

Hillen, J., & Fedoseeva, S. (2021). “E-commerce And The End Of Price Rigidity?” Journal of Business Research. 125 (December 2020), 63–73. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.11.052

Huis, V. (2017). Edible insects : marketing the impossible ? 3(2), 67–68. https://doi.org/10.3920/JIFF2017.x003

Imathiu, S. (2020). Benefits and food safety concerns associated with consumption of edible insects. NFS Journal, 18(August 2019), 1–11. https://doi.org/10.1016/j.nfs.2019.11.002

Kartika, E. W. (2016). Kualitas Layanan Dan Kepuasan Konsumen: Persepsi Masyarakat Surabaya Terhadap Restoran Jepang Di Kota Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 9(2), 71–77. https://doi.org/10.9744/pemasaran.9.2.71-77

Liao, M. jie, Zhang, J., Wang, R. mei, & Qi, L. 2020. “Simulation Research On Online Marketing Strategies Of Branded Agricultural Products Based On The Difference In Opinion Leader Attitudes”. Information Processing in Agriculture, xxxx, 1–9. https://doi.org/10.1016/j.inpa.2020.12.001

Lubis, M. I. (2017). “Persepsi Konsumen Terhadap Niat Beli Produk Makanan Organik di Bandar Lampung”. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung.

Mandagi, W., Saerang, D., & Pusung, R. (2014. “Analisis Biaya Relevan Dalam Pengambilan Keputusan Menjual Atau Memproses Lebih Lanjut Produk Pada Pt. Fortuna Inti Alam”. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi. Vol 2(2): 1043–1054. https://doi.org/10.35794/emba.v2i2.4485

Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif (ke-35). PT. Remaja Rosdakarya.

Nurhasah, S., Munandar, J. M., & Syamsun, M. (2018). “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Produk Makanan Olahan Halal pada Konsumen”. Jurnal Manajemen Dan Organisasi. 8(3): 250. https://doi.org/10.29244/jmo.v8i3.22069

Prawitasari, S. (2010). “Analisis SWOT Sebagai Dasar Perumusan Strategi Pemasaran Berdaya Saing (Studi pada Dealer Honda Tunggul Sakti di Semarang)”. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang, 75.

Purwanti, E. 2012. “Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha, Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan UMKM Di Desa Dayaan Dan Kalilondo Salatiga”. Jurnal Stiema. 5(9): 13-28.

Selly. (2019). “Kandungan Gizi Kepompong Ulat Jati Menurut Peneliti”. www.Abadikini.com.

Suharyanto, H. (2011). “Ketahanan Pangan”. Jurnal Sosial Humaniora. Vol 4(2): 186–194. http://iptek.its.ac.id/index.php/jsh/article/view/633/355

Susanto, P. (2012). “Belalang Goreng, Panganan Kaya Akan Protein”. https://www.sarihusada.co.id/Nutrisi-UntukBangsa/Aktivitas/Jelajah-Gizi/Belalang-goreng-panganan-kaya-protein

Wohner, B., Gabriel, V. H., Krenn, B., Krauter, V., & Tacker, M. (2020). Environmental and Economic Assessment Of Food-Packaging Systems With a Focus On Food Waste. Case Study On Tomato Ketchup. Science of the Total Environment, 738, 139846. https://doi.org/10.1016/j.scitotenv.2020.139846

Wulansari, P., Damanik, A. H., & Prasetio, A. P. (2017). “Pengaruh Strategi Pemasaran (Word Of Mouth (WOM) Dan Produk Pembiayaan Stariah Terhadap Minat Dan Keputusan Menjadi Anggota (Nasabah) Pada Baitul Tamwil Muhammadiyah (BTM) Kota Bandar Lampung”. Jurnal Manajemen Indonesia. 14(2): 163–170.

Zulkarnaen, H. O. (2012). “Analisis Strategi Pemasaran Pada Usaha Kecil Menengah (UKM) Makanan Ringan”. Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis.




DOI: http://dx.doi.org/10.30598/agrilan.v9i3.1300

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Template Jurnal Agrilan :                             

                        

 

Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan index by :

        

Connect with your Academic Account: 

Plagiarism Chek by :

   


Reference Management Tools :

Assosiation With :



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats