DAYA SAING EKSPOR KOPI INDONESIA DI PASAR INTERNASIONAL

Aulia Rachmaningtyas, Sri Tjondro Winarno, Syarif Imam Hidayat

Abstract


Kopi merupakan salah satu komoditas primer dari sektor perkebunan yang menjadi andalan di Indonesia. Melimpahnya kopi di Indonesia menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara pengekspor kopi terbesar di dunia dan hal ini dapat berdampak positif bagi perekonomian Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis daya saing ekspor kopi Indonesia di pasar internasional. Penelitian dilakukan menggunakan metode studi literature dengan data ekspor kopi Indonesia tahun 2010 hingga 2019 yang ditunjang dengan literatur lain seperti artikel ilmiah dan website yang relevan dengan penelitian, untuk dianalisis menggunakan teknik analisis Revealed Comparative Advantage (RCA) dan Comparative Export Performance (CEP). Temuan pada penelitian ini menujukkan bahwa kopi Indonesia Indonesia telah memiliki keunggulan komparatif yang diidentifikasi dari rerata nilai RCA sebesar 5,7, namun hal ini masih jauh lebih rendah dari negara pengekspor kopi lain seperti Kolombia, Brazil dan Vietnam yang dikarenakan rendahnya kualitas kopi yang dihasilkan, kualitas SDM, serta peran pemerintah yang perlu ditingkatkan. Nilai CEP kopi Indonesia diketahui memiliki rerata 1,7 yang juga menempati urutan terendah, karena belum adanya spesialisasi kopi yang diekspor dari Indonesia ke pasar internasional. Rekomendasi yang dapat diberikan adalah upaya peningkatan kualitas dan kuantitas kopi, termasuk adanya spesialisasi kopi, penguatan SDM dan pembuatan kebijakan yang mendukung.


Keywords


Daya saing; ekspor; internasional; kopi

Full Text:

PDF

References


Alexander, I., & Nadapdap, H. J. 2019. “Analisis Daya Saing Ekspor Biji Kopi Indonesia di Pasar Global Tahun 2002-2017”. Journal of Social and Agricultural Economics. 12(2): 1-16.

Baroh, I., Setiawan, B., Hanani, N., & Koestiono, D. 2014. “Indonesian Coffee Competitiveness in the International Market: Review from the Demand Side”. International Journal of Agriculture Innovations and Research. 3(2), 605-609.

Baso, R. L., & Anindita, R. 2018. “Analisis Daya Saing Kopi Indonesia”. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis. 2(1): 1-9.

Effendi, R. R., & Suhartini, S.2017. “Analisis Daya Saing Ekspor Biji Kopi Indonesia di Pasar Asean dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)”. Juranl Ekonomi Pertanian dan Agribisnis 1(1): 22-32.

FAO. 2019. Conservation Agriculture dalam diakses pada 12 September 2020.

Gabungan Eksportir Kopi Indonesia. 2015. International Coffee Week di Arena WEM 2015, dalam diakses pada 25 Februari 2021.

Hervinaldy, H. 2017. “Strategi Pemerintah Indonesia Dalam Meningkatkan Ekspor Kopi Ke Amerika Serikat”. JOM Fisip. 4(20500), 1-15

Hidayat, A., & Soetriono. 2010. “Daya Saing Kopi Robusta Indonesia di Pasar Internasional”. J-SEP. 4(2), 62-82.

International Coffee Organization. 2018. National Quality Standarts dalam diakses pada 10 November 2020.

International Coffee Organization. 2019. Historical Data on the Global Coffee Trade dalam diakses pada 12 September 2020.

Jamil, A. S. 2019. “Daya Saing Perdagangan Kopi Indonesia di Pasar Global”. Agriekonomika. 8(1): 26-35.

Kementerian Pertanian. 2014. Peraturan Menteri Pertanian Nomor 49 Tahun 2014 tentang Pedoman Teknis Budidaya Yang Baik (Good Agriculture Practice/GAP on Coffee. Jakarta: Kementerian Pertanian.

Mayrowani, H. 2013. “Kebijakan Penyediaan Teknologi Pasca Panen”. Forum Penelitian Agro Ekonomi. 31(1), 31-49.

Parnadi, F., & Loisa, R. 2018. “Analisis Daya Saing Kopi Indonesia di Pasar Internasional”. Jurnall Manajemen Bisnis & Kewirausahaan. 2(4): 52-61.

Purnamasari, M., Hanani, N., & Huang, W. C. 2014. “Analisis Daya Saing Kopi Indonesia di Pasar Dunia”. AGRISE. 14(1), 58-66.

Sahat, S. F., Nuryantono, N., & Hutagaol, M. P. 2016. “Analisis Pengembangan Ekspor Kopi di Indonesia”. Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Pembangunan 5(1): 63-89.

Sinta, N. M., Alamsyah, Z., & Elwamendri. 2017. “Analisis Daya Saing Ekspor”. Jurnal Ilmiah Sosio Ekonomika Bisnis. 20(1).

Siregar, E. 2009. "Analisa Terhadap Jumlah Produksi Kopi, Jumlah Ekspor Kopi dan Nilai Devisa Kopi di Indonesia Pada Tahun 1972-2008". Tugas Akhir. Program Studi Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Suprayogi, B. M., Arifin, Z., & Mawardi, M. K. 2017. “Analisis Daya Saing Ekspor Kopi Indonesia, Brazil, Kolombia dan Vietnam”. Jurnal Administrasi Bisnis. 50(2): 190-194.

UN Comtrade. 2019. International Trade Statistic Database (Online), dalam diakses pada 10 Oktober 2020.

Utami, W. T., & Yuliawati. 2020. "Faktor Sosial, Pribadi dan Psikologis yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Minuman Kopi di Kampoeng Kopi Banaran". AGRILAN: Jurnal Agribisnis Kepulauan. 8(2): 131-148.

Widyawati, R. F. 2017. “Analisis Keterkaitan Sektor Pertanian dan Pengaruhnya terhadap Perekonomian Indonesia (Analisis Input Output)”. Jurnal Economia. 13(1): 14-27.

Zuhdi, F., & Suharno, S. 2016. “Analisis Daya Saing Ekspor Kopi Indonesia dan Vietnam di Pasar ASEAN 5”. Habitat. 26(3): 152-162.




DOI: http://dx.doi.org/10.30598/agrilan.v9i3.1284

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Template Jurnal Agrilan :                             

                        

 

Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan index by :

        

Connect with your Academic Account: 

Plagiarism Chek by :

   


Reference Management Tools :

Assosiation With :



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats