EVALUASI KINERJA PENYULUH PERTANIAN DI KOTA AMBON

Freintje Titiheru, August E Pattiselanno, Wardis Girsang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja Penyuluh Pertanian di Kota Ambon dan menganalisis faktor – faktor yang mempengaruhi kinerja Penyuluh Pertanian di Kota Ambon. Penelitian ini ditujukan kepada Penyuluh Pertanian dan Tenaga Harian Lepas Tanaga Bantu Penyuluh Pertanian di Kota Ambon dengan sampel sebanyak 38 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa Evaluasi Kinerja Penyuluh Partanian dan Tenaga Harian Lepas Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian di Kota Ambon berkatogori baik sebanyak 26 responden dan berkategori cukup sebanyak 12 responden. Sedangkan hasil uji chi square menunjukan untuk 4 variabel : umur, tingkat pendidikan, pendapatan, dan jumlah kelompok tani binaan ada hubungan terhadap kinerja penyuluh pertanian di Kota Ambon, dan 2 variabel : masa kerja dan jumlah beban tanggungan tidak ada hubungan terhadap kinerja penyuluh pertanian di Kota Ambon.


Keywords


Evaluasi; kinerja; penyuluh

Full Text:

PDF

References


Damanik Inta P.N. 2016. “Menata Kembali Kelompok Tani di Kota Ambon”. Jurnal Agrilan. 4 (3): 29-45.

Indrawan W, Zulkifli, Azisah. 2020. “Karakteristik Sosial Ekonomi dan Kinerja Penyuluh Terhadap Pelaksanaan Tugas Pokok Penyuluh Pertanian Di Kabupaten Maros”. Jurnal Agribis. 11(1): 53-63.

Lubis Rafiqah Amanda. 2016. “Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Umur Terhadap Kinerja Penyuluh Pertanian di Kabupaten Mandailing Natal”. Jurnal Agrohita. 1(1): 64-71.

Mahyuddin T, Hanisah, Rahmi C. L. 2018. “Faktor – faktor yang Mempengaruhi Kinerja Penyuluh Pertanian di Kabupaten Aceh Timur”. Jurnal Penelitian Agrisamudra. 5(1) : 22-29.

Mujiburrahmad, Muljono P, Sadono D. 2014. “Kinerja Penyuluh Pertanian di Kabupaten Pidie Provinsi Aceh Dalam Melaksanakan Tugas Dan Fungsinya”. Jurnal Penyuluhan. 10 (2): 141-150.

Peranginangin M. I, Silalahi F. RL, Siregar R. 2016. “Hubungan Karakteristik Penyuluh dengan Kinerja Penyuluh Pertanian di Kabupaten Simalungun”. Jurnal Agrica Ekstensia. 10(2): 35-44.

Peraturan Menteri Pertanian Nomor 91/Permentan/OT.140/9/2013. Tentang Pedoman Evaluasi Kinerja Penyuluh Pertanian.

Saputri R. D, Anantanyu S, Wijianto A. 2016. “Peran Penyuluh Pertanian Lapangan Dengan Tingkat Perkembangan Kelompok Tani Di Kabupaten Sukoharjo”. Jurnal Agrista. 4(3): 341-352.

Sapar, Yusuf M, Haedar Q. 2014. “Hubungan Kinerja Penyuluh Pertanian Dengan Kompetensi Petani Kakao Dalam Peningkatan Produktivitas Kakao DI Kota Palopo , Kabupaten Luwu, Luwu Utara Dan Luwu Timur”. Jurnal Ekonomi Pembangunan. 1(2) : 67-76..

Tiaraa. P. Hernanda., Fatchiya A., Sarma M, 2015. “Tingkat Kinerja Penyuluh Pertanian Di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan”. Jurnal Penyuluhan. 11(1) : 79-90.

Wicaksono P, Sugiyanto, Purnomo M. 2016. “Faktor – faktor yang berkontribusi terhadap kinerja dan kompetensi penyuluh pertanian pada jenjang jabatan penyuluh pertanian ahli (kasus di Malang, Jawa Timur)”. Jurnal Habitat. 27(2): 85-93.




DOI: http://dx.doi.org/10.30598/agrilan.v9i3.1283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Template Jurnal Agrilan :                             

                        

 

Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan index by :

        

Connect with your Academic Account: 

Plagiarism Chek by :

   


Reference Management Tools :

Assosiation With :



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats