DETERMINAN FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KETERLIBATAN PEMUDA PEDESAAN PADA PROGRAM KETAHANAN PANGAN DI DESA MOLOWAHU KABUPATEN GORONTALO

Yusriyah Atikah Gobel

Abstract


Pangan dan pertanian merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan, karena sektor pertanian sangat penting dalam pengadaan pangan nasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bentuk-bentuk keterlibatan pemuda pedesaan pada program ketahanan pangan dan untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan keterlibatan pemuda pedesaan pada program ketahanan pangan di Desa Molowahu Kecamatan Tibawa. Penelitian dilakukan terhadap 73 pemuda sebagai sampel yang tersebar di tujuh dusun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterlibatan pemuda pedesaan pada kegiatan ketahanan pangan rumah tangga berada pada kategori rendah (skor 23,29). Model regresi logistik ordinal yang diperoleh menunjukkan bahwa variabel motivasi menunjukkan peluang yang paling besar untuk meningkatkan keterlibatan pemuda pada kegiatan ketahanan pangan rumah tangga. Hasil pengujian model menunjukkan bahwa variabel motivasi menunjukkan hubungan yang sangat nyata dengan keterlibatan pada semua jenis kegiatan ketahanan pangan rumah tangga. Variabel ekonomi rumah tangga dan dukungan lingkungan menunjukkan hubungan yang sangat nyata dengan keterlibatan pada sebagian jenis kegiatan ketahanan pangan rumah tangga. Sedangkan variabel karakteristik pemuda tidak menunjukkan hubungan nyata dengan keterlibatan pada kegiatan ketahanan pangan rumah tangga. Variabel ekonomi rumah tangga secara umum menunjukkan hubungan negatif dengan keterlibatan pemuda pada kegiatan ketahanan pangan rumah tangga.


Keywords


ketahanan pangan; motivasi; pemuda desa; pertanian

Full Text:

PDF

References


Artha, M. D. 2015. “Peran pemuda dalam pembangunan usaha kecil menengah (UKM) di Kecamatan Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai”. Tesis. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Arvianti, E.Y., Asnah, & Prasetyo, A. (2016). “Tingkat Konsistensi Pemuda Tani Terhadap Transformasi Sektor Pertanian di Kabupaten Ponorogo”. Agriekonomika. 5(1). 16-30.

Arvianti, E. Y., Masyhuri., Waluyati, L. R., dan Darwanto, D. H. 2019. “Gambaran krisis petani muda di Indonesia”. Jurnal Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian. 8(2): 168-180.

Badan Pusat Statistik. 2019. Profil Kemiskinan di Indonesia Maret 2019. Berita Resmi Statistik No.56/07/Th.XXII. BPS RI. Jakarta.

FAO. 2018. The future of food and agriculture alternative pathways to 2050; FAO: Rome , Italy, p.224.

Ibrahim, W. 2018. “Hubungan antara motivasi dengan minat pemuda desa untuk bekerja pada sektor pertanian di Kecamatan Paguyaman”. Skripsi. Gorontalo: Universitas Gorontalo.

Kakisina, L. O. 2020. “Strategi Ketahanan Pangan Rumahtangga Miskin (Studi Kasus di Kecamatan Lakor Kabupaten Maluku Barat Daya)” Agrilan: Jurnal Agribisnis Kepulauan. 8(1) :

Nadjib, M., dan Yustika, A. E. 2015. Pergeseran Paradigma Pembangunan Pertanian dan Perdesaan. Jakarta: LIPI Press.

Ningsih, F dan Sjahf S. 2015. “Faktor faktor yang berhubungan keterlibatan pemuda pedesaan pada kegiatan pertanian berkelanjutan”. Jurnal Penyuluhan. 11(1): 23-37.

Noor, J. 2012. Metodologi Penelitian Skripsi, Tesis, Disertasi dan Karya Ilmiah. Jakarta. Prenada Media Group.

Piran, R. D., Pudjiastuti, A. Q., dan Dyanasari. 2018. “Dinamika generasi muda pertanian dalam pemilihan usaha tani tanaman pangan”. Jurnal Agriekonomika. 7(2): 149-157.

Pinem, M. A., Nurmayansari, I., dan Yanfika, H. 2020. “Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Persepsi Pemuda Pada Pekerjaan Sektor Pertanian di Kabupaten Lampung Tengah”. Journal of Extension and Development. 02(01):54-61.

Rosyadi, I., dan Purnomo, D. 2012. ” Tingkat Ketahanan Pangan Rumah Tangga di Desa Tertinggal”. Jurnal Ekonomi Pembangunan. 13(2): 303-315.

Suryana, A. 2014. “Menuju ketahanan pangan Indonesia berkelanjutan 2025: Tantangan dan penanganannya”. Forum Penelitian Agro Ekonomi. 32(2): 123-135.

Susilowati, S. H. 2016. “Fenomena penuaan petani dan berkurangnya tenaga kerja muda serta implikasinya bagi kebijakan pembangunan pertanian”. Forum Penelitian Agro Ekonomi. 34(1): 35-55.

Suwandi., dan Rostyaningsih, D. 2012. “Perencanaan Pembangunan Partisipatif di Desa Surakarta Kecamatan Suranenggala Kabupaten Cirebon”. Journal of public policy and management review. 1(2).

Widarjono, A. 2017. Ekonometrika: Pengantar dan Aplikasinya. Yogyakarta. UPP STIM YKPN.




DOI: http://dx.doi.org/10.30598/agrilan.v9i2.1245

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Template Jurnal Agrilan :                             

                        

 

Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan index by :

        

Connect with your Academic Account: 

Plagiarism Chek by :

   


Reference Management Tools :

Assosiation With :



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats