ANALISIS SALURAN DAN MARJIN PEMASARAN CABAI (Capsicum annum L) DI PASAR TRADISIONAL GEMBA DESA WAIMITAL KECAMATAN KAIRATU KABUPATEN SERAM BAGIAN BARAT

Ode Rista Judin, Natelda R Timisela, Maisie T. F. Tuhumury

Abstract


Komoditas hortikultura yang memiliki prospek di masa depan adalah sayuran. Kebutuhan masyarakat terhadap sayuran akan terus meningkat seiring dengan pertambahan penduduk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis saluran dan marjin pemasaran sayuran komersial serta menganalisis saluran dan marjin pemasaran komoditi cabai. Metode pengambilan sampel ditentukan secara sengaja yaitu petani sebanyak 30 orang, pedagang pengumpul sebanyak lima orang dan pedagang pengecer sebanyak enam orang. Hasil penelitian menunjukkan terdapat dua saluran pemasaran, pertama dari petani ke konsumen akhir, dan kedua dari petani ke pedagang pengumpul, pedagang pengumpul ke pengecer dan pengecer ke konsumen akhir. Marjin saluran pemasaran pertama adalah Rp. 25.000. Marjin pada saluran pemasaran kedua adalah Rp. 5000. Farmer’s share tertinggi pada tingkat petani adalah pada saluran pemasaran I yaitu sebesar 94,5 persen. Farmer’s share untuk saluran pemasaran II adalah sebesar 60 persen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kedua saluran pemasaran sudah efisien karena efisiensi pemasarannya sudah lebih dari 50 persen.


Keywords


cabai; saluran pemasaran; marjin.

Full Text:

PDF

References


Agustono. 1989. Marjin Pemasaran Bawang merah di Kabupaten Brebes. PUNS. Surakarta

Assauri, Sofjan. 1987. Manajemen Pemasaran. Penerbit: CV. Rajawali. Jakarta. Utara.

BPS. 2017. Statistik Tanaman Sayuran dan Buah-Buahan Semusim Indonesia. Badan pusat statistik. http://www.bps.go.id

Chaniago AYS. (2002). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Bandung Pustaka Setia

Fajar. M dan R. Alfiyani. 2018. Kinerja sektor pertanian indonesia periode 2012-2016. Working Paper · January 2018. DOI: 10.13140/RG.2.2.19033.83045.

Kotler. P dan Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler. P dan Amstrong. G. 2001. Dasar – Dasar Pemasaran di Indonesia Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Prehallindo.

Kotler. P. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT Indeks. Kelompok Gramedia

Lupiyoadi. R. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. (Edisi 3). Jakarta: Salemba Empat.

Samadara. S. 2016. “Faktor Penentu Kinerja Manajerial (Studi Pada Pemerintah Darah Kupang)”. Iqtishadia. Vol. 9 (1): 123-138.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30598/agrilan.v10i1.1234

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Template Jurnal Agrilan :                             

                        

 

Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan index by :

        

Connect with your Academic Account: 

Plagiarism Chek by :

   


Reference Management Tools :

Assosiation With :



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats