STRATEGI KETAHANAN PANGAN RUMAHTANGGA MISKIN (STUDI KASUS DI KECAMATAN LAKOR KABUPATEN MALUKU BARAT DAYA

Leunard O Kakisina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi strategi yang ditempuh oleh rumahtanggamiskin untuk memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari, (2) menganalisis tingkat ketahanan pangan rumahtangga miskin(3) merumuskan strategi pengembangan ketahanan pangan rumahtangga miskin yang berbasis potensi sumber daya lokal. Penelitian ini didesain dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, dan dianalisis dengan SWOT. Sampel terdiri dari 40 rumahtangga miskin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang ditempuh oleh rumahtangga miskin dalam memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari antara lain adalah: (1) ibu rumahtangga membantu suami dalam kegiatan usahatani padi ladang, jagung dan umbi-umbian, (2) kepala rumahtangga bekerja sebagai buruh tani bersama dengan ibu rumahtangga, (3) mengalihkan makanan utama dari campuran "beras dan jagung" ke dominan jagung atau umbi-umbian, (4) meminjam uang atau beras yang dibayar setelah panen dengan pembayaran dua kali lipat. Berdasarkan strategi ini, skor konsumsi pangan rata-rata yang dicapai oleh rumahtangga  adalah 4; yang berarti bahwa secara rata-rata rumahtangga miskin berada pada level “tidak tahan pangan”. Strategi pengembangan ketahanan pangan rumahtangga yang dapat direkomendasikan antara lain peningkatan kapasitas ibu rumahtangga melalui pembentukan  kelompok wanita tani disertai dengan usaha produktif  yang dikelola secara berkelompok serta pelatihan dan pembinaan soft skills.


Keywords


Ketahanan pangan; rumahtangga miskin; strategi pengembangan

Full Text:

PDF

References


Astika, K.A. 2010. “Budaya Kemiskinan di Masyarakat: Tinjauan Kondisi Kemiskinan dan Kesadaran Budaya Miskin di Masyarakat”. Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. 1 (1): 21.

Bulkis, S. 2012. “Ketahanan pangan rumahtangga perdesaan”. Arus Timur. Makassar, Sulawesi Selatan.

Bulkis, S., S.Ali, D. Salman, Rahmadanih, Amrullah dan R.Rukka. 2011. “Penguatan Kelembagaan Lokal melalui Pendekatan Modal Sosial di Kabupaten Mamuju Utara Sulawesi Barat” dalam Prosiding Seminar Nasional. Hasil Penelitian Sosial Ekonomi Pertanian Bulan Desember 2011 dengan Tema: Penguatan Sosial Ekonomi Pertanian Menuju Kesejahteraan Masyarakat. Universitas Gadjah Mada.

BPS Kabupaten Maluku Barat Daya, 2019. Kabupaten Maluku Barat Daya dalam Angka.

BPS Provinsi Maluku, 2019. Maluku Dalam Angka.

Creswell, J.W dan V.L. P.Clark. 2007. Designing and Conducting Mixed Methods Research. Sage Publication.

Ellis, F. 2000. Rural Livelihood and Diversity in Developing Countries. UK. Oxford University Press.

Jelliffe, D.B.and E.F.P.Jelliffe. 1989. Community Nutritional Assesment. Oxford University Press. New York

Hardinsyah, D. Briawan, S. Madanijah, C.M. Dwiriani, A.M. Atmojo dan Y. Heryatno. 2012. “Kajian Kelembagaan untuk Pemantauan Ketahanan Pangan”. Kerjasama Pusat Studi Kebijakan Pangan dan Gizi dengan Unicef dan Biro Perencanaan Deptan.

Kantor Menteri Negara Urusan Pangan. 1966. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 1966 tentang Pangan”. Jakarta.

Rahmadanih, S.Bulkis, D. Salman dan M.Fahmid. 2011. “Strategi Pengembangan Ketahanan Pangan Rumahtangg amelalui Pendekatan Kemasyarakatan Lokal” dalam Prosiding Lokakarya Nasional dan Seminar Forum Komunikasi Perguruan Tinggi Pertanian Indonesia. Fakultas Pertanian IPB. Bogor.

Repubik Indonesia. 2012. UU-RI Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan. Jakarta.

Sugiyono. 2008. Statistika untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung.

Suhardjo.1989. Sosio Budaya Gizi. Departemen P dan K DIKTI. PAU Pangan dan Gizi. IPB. Bogor.

Tashakkori, A and C. Teddlie (ed.). 2003. Handbook of Mixed Methods in Social & Behavioral Research. United State of America.

Widodo, S. 2011. “Efektifitas Pelaksanaan Program Penanggulangan Kemiskinan di Daerah Pedesaan”. dalam Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Sosial Ekonomi Pertanian.




DOI: http://dx.doi.org/10.30598/agrilan.v8i1.1048

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Template Jurnal Agrilan :                             

                        

 

Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan index by :

        

Connect with your Academic Account: 

Plagiarism Chek by :

   


Reference Management Tools :

Assosiation With :



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats