STRATEGI PENGEMBANGAN AGROINDUSTRI KELAPA UD WOOTAY COCONUT DI KECAMATAN TEON NILA SERUA KABUPATEN MALUKU TENGAH

Welfried B Paley, Esther Kembauw, Maisie T. F. Tuhumury

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan agroindustri pengolahan kelapa di UD Wootay Coconut. Pengambilan sampel responden dilakukan dengan metode purposive sampling. Alat analisis yang digunakan adalah analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  kekuatan yang dimiliki UD Wootay Coconut adalah  ketersediaan modal, adanya variasi produk dan  harga, hubungan baik dengan pelanggan,  kemasan produk menarik,  dan manajemen yang baik. Faktor kelemahan yang dimiliki adalah ketidakterampilan tenaga kerja dan ketidakrapihan  pembukuan. Faktor peluang yakni peluang lapangan kerja dan amannya kondisi lingkungan produksi. Faktor ancaman yakni fluktuasi permintaan produk. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa alternatif strategis pengembangan yang dapat diterapkan yakni penguatan hubungan distributor dan pelanggan, peningkatan kemampuan manajemen, peningkatkan kemampuan tenaga kerja, penciptaan kesinergisan antara pelaku usaha dan pemerintah, peningkatan kualitas produk yang dihasilkan, dan peningkatan jaringan pemasaran.


Keywords


Agroindustri; kelapa; pengembangan; strategi

Full Text:

PDF

References


Adha P. W, 2013. Strategi Pengembangan Agroindustri Kelapa Sebagai Upaya Percepatan Ekonomi Masyarakat Di Kabupaten Katapang. Journal Industria. Vol 13 (1);13-26.

BPS, Badan Pusat Statistik. 2017. Maluku Tengah Dalam Angka. BPS Maluku.

David, F. R. 2009. Manajemen Strategis. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Diasz A., Girsang W., Tuhumury M.T.F, 2013. “Studi Kelayakan Usaha Penyulingan Minyak Pala dan Strategi Pengembanganya (Studi Kasus pada UD Bintang Timur Desa Hukurila Kecamatan Leitimur Selatan Kota Ambon)”. Jurnal Agrilan. Vol 1(4): 2302-5352.

Junardi, 2012. “Strategi Pengembangan Agroindustri Serat Sabut Kelapa Berkaret (SEBUTRET) (Studi kasus di kabupaten Sambas” Tesis. Sekolah Pascasarjana, Bogor : Institut Pertanian Bogor.

Junardi, S., Yandra A., 2017. Strategi pengembangan agroindustriserat sabut kelapa berkaret (sebutret) (studi kasus di kabupaten sambas). Jurnal Social Economic of Agriculture, 6(1): -

Lawalata, M. Imimpia, R. 2020. “Analisis nilai tambah dan pemasaran produk Agroindustri Kelapa (cocos nucifera l.) Pada Perusahaan Wootay Coconut”. Jurnal Agrica. 13 (1) :66-80

Rangkuti, F. 2009. Analisis SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Sidabutar, N.J. 2016. Strategi Pengembangan Agroindustri Bawang Merah di Kabupaten Samosir. Journal Agriland.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif da R&d. Alfabeta, Bandung.

Yuliningsih, 2013. “Strategi pengembangan agroindustri pengolahan mete di Kecamatan Jatisrono Kabupaten Wonogiri”. Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret.




DOI: http://dx.doi.org/10.30598/agrilan.v9i1.1016

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Template Jurnal Agrilan :                             

                        

 

Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan index by :

        

Connect with your Academic Account: 

Plagiarism Chek by :

   


Reference Management Tools :

Assosiation With :



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats