Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Pedoman Penulisan Jurnal Agrilan

Jurnal Agrilan merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Pattimura.  Jurnal ini memuat berbagai tulisan/artikel ilmiah dalam lingkup sosial ekonomi dan budaya terkait dengan pengembangan agribisnis pada wilayah kepulauan/pulau-pulau kecil.  Jurnal Agrilan terbit tiga kali dalam setahun, yaitu pada bulan Pebruari, Juni, dan Oktober.  Penulis dapat mengirimkan artikelnya dalam bentuk softcopy kepada redaksi jurnal Agrilan melalui online submission  Artikel yang dimuat adalah artikel yang telah melalui proses seleksi oleh Dewan Redaksi dan belum pernah dipublikasikan atau diproses untuk dipublikasikan pada jurnal lain yang dibuktikan dengan surat pernyataan penulis. Artikel ditulis mengikuti pedoman sebagai berikut:

  1. Artikel ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggeris dan diketik pada kertas ukuran A4 dengan panjang halaman 12-16 halaman.  Batas atas dan kiri 4 cm, kanan dan bawah 3 cm dari tepi kertas.  Artikel ditulis menggunakan huruf Times New Roman 12 pt kecuali untuk bagian-bagian tertentu yang dijelaskan pada bagian berikutnya. 
  2. Sistematika penulisan terdiri dari:
    1. Judul;  Judul ditulis dalam Bahasa Indonesia dan terjemahannya dalam Bahasa Inggris, sebaliknya untuk artikel yang ditulis dalam Bahasa Inggeris.  Judul ditempatkan di tengah-tengah halaman berbentuk segitiga terbalik, huruf kapital, dan jumlah kata maksimal 15 kata tidak termasuk kata depan dan kata sambung.  
    2. Nama penulis ditulis tanpa mencantumkan gelar diikuti dengan afiliasi institusi/lembaga penulis dan diletakkan di bawah judul.  Sertakan alamat e-mail seluruh penulis. 
    3. Abstrak;  Abstrak ditulis tidak melebihi 200 kata, huruf Times New Roman 10 pt,  spasi tunggal dan merupakan satu kesatuan. Abstrak mencantumkan latar belakang, tujuan penulisan, metode penelitian, hasil dan pembahasan, kesimpulan dan rekomendasi yang disajikan secara ringkas namun jelas.  Jika artikel ditulis dalam Bahasa Indonesia, abstrak yang disajikan terlebih dahulu adalah berbahasa Indonesia, dilanjutkan dengan abtrak dalam Bahasa Inggris.  Sebaliknya jika artikel ditulis menggunakan Bahasa Inggris.  Cantumkan maksimal 5 kata kunci (key words), masing-masing kata kunci (key word) dipisahkan dengan koma.  Hanya kata kunci (key word) pertama yang menggunakan huruf kapital pada awal kata.  Nama tempat tidak dapat dijadikan key word.
    4. Pendahuluan;  Pendahuluan menyajikan tentang latar belakang, permasalahan, dan tujuan penelitian.  Ditulis tanpa menggunakan sub judul. 
    5. Metode Penelitian;  Metode Penelitian menyajikan secara runut, ringkas dan jelas pelaksanaan penelitian, mulai dari menentukan rancangan penelitian, pemilihan lokasi penelitian, penentuan populasi dan sampel penelitian, pengumpulan data, dan analisis data.   
    6. Hasil dan Pembahasan;  Hasil dan pembahasan menyajikan hasil penelitian yang diperoleh sekaligus membahas hasil tersebut.  Penulis dapat menyertakan tabel, grafik atau gambar untuk melengkapi hasil dan pembahasan.  Setiap tabel/grafik atau gambar yang disajikan harus diacu dalam tulisan dan diletakkan segera setelah diacu.

Tabel dan grafik dibuat sesederhana mungkin menggunakan format MS Word dan dalam penyajiannya tidak boleh terpotong.  Nomor tabel menggunakan angka Arab dilanjutkan dengan Judul Tabel.  Judul Tabel menggunakan huruf kapital hanya pada huruf awal dan diletakkan di tengah tengah halaman di atas tabel berjarak 1.0 spasi dari tabel dan 1.5 spasi dari kalimat di atasnya.  Hal yang sama untuk grafik dan gambar, hanya saja judul grafik dan gambar ditempatkan di bawah grafik atau gambar dengan jarak 1.0 spasi dari grafik/gambar dan 1.5 spasi dari kalimat sesudahnya.  Gunakan huruf Times New Roman ukuran minimal 10 pt untuk isi tabel (tergantung kepadatan isi tabel) dan angka-angka dalam tabel dibatasi hingga dua digit di belakang koma. Gunakan hanya garis-garis horizontal pada kepala Tabel dan penutup Tabel. 

  1. Pengacuan Pustaka:  Pengacuan pustaka tidak ditempatkan pada satu bagian khusus, tetapi menyebar pada seluruh isi artikel (Pendahuluan, Metode dan Hasil dan Pembahasan) yang meliputi landasan teori dan sintesis terhadap hasil-hasil penelitian sebelumnya.  Cantumkan nama belakang (family name) penulis dan tahun penerbitan pustaka yang diacu. Contoh:  (Pattikawa, 2010), atau (Pattiasina dan Turukay, 2012). Jika penulis lebih dari dua orang, setelah nama penulis pertama, gunakan et al. diikuti tahun penerbitan.  Contoh:  (Girsang, et al., 2013).  Pustaka yang diacu lebih dari satu secara bersamaan, harus diurut berdasarkan tahun terbitan.  Contoh:  (Pattinama, 2008; Pattiselanno, 2011;  Sahusilawane, 2013;  Damanik, 2014).
  2. Kesimpulan;  Kesimpulan tidak disajikan dalam bentuk poin-poin, tetapi dalam bentuk paragraf. 
  3. i.      Ucapan Terima Kasih;  Optional jika dianggap perlu.  Ditempatkan sebelum Daftar Pustaka yang memuat ucapan terima kasih terutama untuk penyandang dana penelitian dan proof reader.   
  4. Daftar Pustaka;  Disusun menggunakan sistem “nama-tahun” yang diurutkan sesuai dengan nama belakang (family name) penulis.  Disarankan untuk menggunakan pustaka primer yang terbaru, kecuali untuk text book tertentu yang tidak ada edisi barunya.  Jumlah pustaka yang diacu minimal 10 (sepuluh), tiga diantaranya berasal dari artikel pada jurnal yang sudah dipublikasikan.  Tidak diperkenankan mengutip dari blog-blog yang tidak tertanggungjawab, kecuali blog resmi seperti Badan Pusat Statiastik, Kementerian-kementerian, dan lainnya. Wikipedia tidak diperkenankan untuk diacu dalam tulisan.  Seluruh nama penulis ditulis secara lengkap pada Daftar Pustaka, hanya nama penulis pertama yang dimulai dari family name (nama belakang), penulis berikutnya tidak perlu.  Penulisan Daftar Pustaka mengikuti teladan sebagai berikut:

Buku:  Penulis.  Tahun terbit.  Judul Buku.  Edisi (jika ada).  Tempat terbit:  Nama Penerbit, Halaman. Contoh: 

Babbie, E.  2004.  The Practice of Social Research.  California:  Wadsworth Publishing Company, 30-40.

Bab/Artikel dalam buku:  Penulis.  Tahun terbit.  “Judul Bab” dalam Judul Buku.  Nama Editor.  Tempat terbit:  Nama Penerbit, halaman. Contoh: 

Ancok, D.  2008.  “Validitas dan reliabilitas instrumen penelitian”  dalam Metode Penelitian Survei.  Editor: M. Singarimbun dan S. Efendi.  Jakarta:  LP3ES, 83-95.  

Artikel dalam jurnal:  Nama penulis.  Tahun terbit.  “Judul Artikel”. Judul Jurnal. Volume (Nomor):halaman.  Contoh:

Tjitropranoto, P.  2005.  “Konsep pemahaman diri, potensi/kesiapan diri, dan pengenalan inovasi”.  Jurnal Penyuluhan.  1(1):62-67.

Artikel dalam Prosiding/Seminar:  Nama penulis.  Tahun terbit.  “Judul Artikel” dalam Judul Prosiding/Seminar.  Halaman.  Contoh:

Bienabe, E., Sautier, D.  2005.  “The role of small scale producers’ organizations to address market access” dalam International Seminar: Beyond Agriculture: Making Markets Work for the Poor.  1-16.

Artikel dalam website:  Penulis.  Tahun terbit.  Judul Tulisan, dalam <alamat website>tanggal akses.  Contoh:

Abubakar, M. 2008.  Kebijakan pangan, peran Perum Bulog, dan kesejahteraan petani, dalam <http://www.setneg.go.id/index.php?option=com_content&task=view&id=1662&Itemid = 192> diakses 20 Januari 2012. 

Acuan dari Tugas Akhir (Skripsi, Tesis, Disertasi) dan Laporan Penelitian:

Nama Penulis.  Tahun.  “Judul tulisan”, Jenis tulisan.  Tempat:  Nama Fakultas dan Universitas. 

Contoh:  

Yunasaf, U.  2008.  “Dinamika kelompok peternak sapi perah dan keberdayaan anggotanya di Kabupaten Bandung”.  Disertasi.  Bogor:  Institut Pertanian Bogor.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Copyright Notice

 

 Creative Commons License
Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.

 

Author Fees

This journal charges the following author fees.

Article Publication: 200000.00 (IDR)
If this paper is accepted for publication, you will be asked to pay an Article Publication Fee to cover publications costs.

If you do not have funds to pay such fees, you will have an opportunity to waive each fee. We do not want fees to prevent the publication of worthy work.